Kab.Bandung,Prabunews.com – Upaya rehabilitasi Sungai Citarum Di Sektor 6 terus menerus menarik perhatian dari berbagai pihak,bagaikan sebuah laboratorium yang dikunjungi selain dari kalangan akademisi, juga datang dari kalangan aktivis dari malaysia, penelitian dari salah satu University di Inggris, dan beberapa reporter dari berbagai Negara, serta Budayawan teater asal Argentina dan yang lainnya, hingga hari ini terhitung ada sekitar 24 Negara yang telah berkunjung ke sektor 6.

(Kiri) Prasetyo Dwi Wibowo Bersama Dosen Serta Dansektor 6 Memperlihat kan Salah Satu kelengkapan Teknologi pendeteksi Air

Masih dalam upaya rehabilitasi Sungai Citarum sektor 6 pada hari ini datang dari kalangan akademisi yang menghasilkan sebuah produk teknologi dari kolaborasi antara Telkom University dengan Hanbat National University Korea Selatan yang di implementasikan di sektor 6

Ketua pelaksana kolaborasi mahasiswa Telkom University Prasetya Dwi Wibawa mengatakan, pada hari ini kita kolaborasi dari dua Universitas antara Telkom University dan Hanbat National University Korea Selatan yang menghasilkan sebuah produk atau alat pendeteksi kualitas air di Sungai Citarum yang dinamakan water quality control. Seusai perakitan selesai, alat ini akan diujicobakan di aliran Sungai Citarum, tepatnya di Sektor 6 Citarum di wilayah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, Senin, 8 Juli 2019.

“Cara kerja alat ini nanti diturunkan menggunakan drone di titik tertentu yang akan diambil sample airnya. Data-data yang dihasilkan dari pengambilan sample air ini bisa langsung dikirim melalui perangkat khusus. Dalam alat ini ada sensor suhu air, kandungan logam, pH, kekeruhan, dan lainnya. Ini memang baru uji coba (alat). Kita memang sedang melakukan kolaborasi riset di Citarum,” ungkap Prasetya.

Dalam kunjungan uji coba ini yang hadir dari Perwakilan Staf Hanbat National University Korea Selatan diantaranya Lee choonggon, Rhe Eun Joo , Hwang Gyung-Ho, Lee Dong-Ho, Jeong Donghee dan mahasiswa nya adalah Lee Sang Hyun, Lee ji Hoon, Jang Hyeon june, Lee Aron,Kem myuong joong, Lim Syeon Gyo, dan Kim Hwan Ho di dampingi oleh Dosen Telkom University beserta Mahasiswanya . (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =