Bandung , Prabunews.com – Melalui Biro Humas dan Keprotokolan Pemerintah daerah provinsi jawa barat  , yaitu Hermansyah , menjelaskan tentang keberadaan  Gubernur Jawa Barat H. M. Ridwan Kamil yang hadir di acara APPSI (  Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia  )  dalam Musyawarah Nasional ke –  VI  di Hotel Borobudur Jakarta . ( 26/ 11 / 2019 ) .

Dalam acara APPSI , kata Ka Biro Humas , Tito Karnavian selaku Mendagri mengungkap data terkait , Pendapatan  Asli Daerah ( PAD ) , Pemda Provinsi Menyumbang 46 persen untuk APBD , sedangkan Pemda Kabupaten dan Kota sebesar 15 persen.  Artinya 85 persen APBD Kabupaten kota tergantung pada Dana Transfer Pusat.

Salah satu Provinsi yang di anggap model dan berhasil adalah Jawa Barat , kata Menteri Dalam Negeri, terbukti banyak Investor yang masuk ke Jawa Barat sehingga PAD meningkat , bersumber dari dana umat hingga  Corporate Social Responsibility ( CSR ). Selain mengungkap PAD , Tito Karnavian juga berpesan pada para Gubernur di Indonesia , agar Memanfaatkan Badan Usaha Milik  Daerah ( BUMD ) untuk mendongkrak PAD , kata Mendagri .

Serta untuk mempermudah Perencanaan , pengawasan agar Memanfaatkan Teknologi Informasi ( IT ) , guna keterbukaan dan kemudahan Perencanaan, Pengawasan serta Penggunaan APBD lewat e – Budgeting ,  e – Katalog  Katalog , juga e –  Control . Untuk mengantisipasi adanya celah korupsi dan saya akan segera memberi edaran tentang Transaksi  Cashless melalui Sistem Bankin pada Seluruh Kepala daerah  , ujar  ka . Biro  Humas Keprotokolan   Setda Jabar , menyampaikan pada Media , terkait  Munas ke VI APPSI di jakarta sesuai dengan bahan yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian .

(FRD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =