Bandung, Prabunews.com – Sebagai sebuah alat komunikasi, Bahasa memiliki peranan strategis dalam menyampaikan pesan. Seberapa baik pesan itu tersampaikan akan berbanding terbalik dengan tujuan komunikasi yang hendak dicapai.

Seiring dengan perkembangan dinamika kehidupan yang semakin komplek serta didukung oleh percepatan teknologi informatika yang nyaris menciptakan dunia tanpa batas, maka kemahiran berbahasa menjadi bagian yang sangat penting.

Untuk menghadapi kondisi dan kenyataan itu, ruang pendidikan sangatlah memiliki tugas dan tanggung jawab lebih besar, mengingat bahwa generasi penyongsong masa depan ada di ruangan pendidikan (sekolah).

Sehubungan dengan hal tersebut di atas Dinas Pendidikan Kota Bandung menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi dan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) untuk Guru Bahasa Indonesia SMP se-Kota Bandung. Kegiatan itu sendiri merupakan salah satu program dari Balai Bahasa Jawa Barat.

Kadisdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menyampaikan bahwa kegiatan UKBI ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kapasitas kompetisi Guru Bahasa Indonesia dan kami dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk menjawab segala kekurangan yang ada, lanjut Hikmat.

Materi Uji UKBI itu sendiri berorientasi untuk menguji keterampilan seseorang dalam memahami dengaran, memahami bacaan, menulis, dan berbicara.

Sementaras susunan soal UKBI terdiri dari lima seksi meliputi, mendengarkan, merespons kaidah, membaca, menulis, dan berbicara dengan jumlah 107 soal dengan alokasi waktu 140 menit.

Adapun pemeringkatan hasil UKBI terdiri dari Tingkat Istimewa (725-800), Sangat Unggul (641-724), Unggul (578-640), Madya (482-577), Semenjana (405-481), Marginal (326-404), dan Tingkat Terbatas (251-325).

Hasil dari kegiatan ini tentunya harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam peningkatan pelayanan proses belajar mengajar, karena ketercapaian materi ajar yang harus dikuasai siswa salah satu faktornya terletak pada seberapa mengerti dan paham peserta didik dalam menerima pesan dari pendidik.

(Kang Amat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 4 =