Bandung, prabunews.com – 28 kain batik koleksi masterpiece Museum Negeri Sribaduga turut dipamerkan pada festival Batik Jawa Barat yang sedang berlangsung di ruang pameran Lt dua Museum Negeri Sribaduga Bandung, Rabu (27/21/2019).

Kegiatan seperti ini sangat langka diselenggarakan Museum Sribaduga,karena selama ini,pameran dengan koleksi masterpiece biasanya ditampilkan pada pameran tahunan khusus di Museum Nasional. Museum Sribaduga mencoba menyelenggarakan festival dalam bentuk dan kemasan berbeda.
Demikian Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat Erick Henriana, seusai membuka Lomba Debat dan Cerdas Cermat Kesejarahan,Kebudayaan dan Permuseuman, di Auditorium Museum Negeri Jawa Barat Sribaduga Bandung.

” Selain menampilkan ragam corak dan motif batik Jawa Barat, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyampaikan nilai filosofi lukis batik lewat historiline yang ditampilkan “, ujar Erick Henriana.

Diharapkan festival batik ” Semangat Kesatuan Dalam Jejak Rupa Batik Jawa Barat ” ,yang akan berakhir 30 November 2019, bisa menjadi media masyarakat khususnya anak sekolah untuk mengenal Corak dan Motif Kain Batik Jawa Barat. Pada festival ini, museum Sribaduga dari dua ribu koleksinya, hanya memamerkan 28 lembar kain batik masterpiece yaitu dari Cirebon, Indramayu, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis. Rangkaian dari festival ini selain pameran adalah Lomba Mural Motif Batik Festival Jabar 2019, di ikuti 36 kelompok yang mewakili kabupaten kota di Jawa Barat. Kemudian Lomba Debat dan Cerdas Cermat tentang Kesejarahan, Kebudayaan dan Permuseuman,yang pesertanya pelajar SLTA, SMK dan Umum.

(Mz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 3 =