Majalengka, Prabunews.com – Gubernur  Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat  , H.M. Ridwan kamil  , menyaksikan  Pelantikan dan Pengucapan Sumpah / Janji    141 Orang  Kepala Desa Terpilih Periode 2019  – 2025  , hasil pemilihan kepala Desa serentak di kabupaten Majalengka , yang dilantik langsung oleh Bupati Majalengka yaitu Karna Sobahi melalui surat keputusan  Nomor : 141 / Kep .875 – tapem / 2019 tentang pengesahan dan  pelantikan kepala desa. Acara berlangsung di Gedung Pendopo Negara Majalengka . ( 11/ 12 ) .

Arahan dari Gubernur jawa barat, Ridwan Kamil  , disampaikan pada Seluruh Kepala desa yang dilantik agar dalam tugasnya mampu meningkatkan dan mengembangkan pembangunan serta kesejahteraan warga  desanya , ujar Ridwan Kamil . Ditekankan agar tidak mencari Nafkah diatas jabatan serta mampu bekerjasama dengan Pemerintah Daerah  Provinsi Jawa Barat melalui Program Pemerintah jabar, sehingga bisa terwujud desa desa yang Mandiri , Ucapnya .

Disebutkan juga oleh Gubernur jabar, berdasarkan data tahun 2019 , ada 98 desa dijabar yang berstatus desa mandiri, pesat dari tahun sebelumnya yang hanya 37 desa  , dan Alhamdulillah 732 desa juga mengalami kemajuan bisa berkembang , tegasnya.  Sebagai pendukung kinerja para Kepala desa harus menguasai Digital , untuk transparansi dana desanya . Dan juga dituntut seluruh desa yang di pimpin oleh para kepala desa yang dilantik hari ini , harus memiliki Badan Usaha desanya. Guna kepentingan melaksanakan program seperti yang sudah berjalan saat ini seperti , Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) , program one Village One Company ( OVOC ) , juga Desa Digital.

Data yang ada di Badan Usaha Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPM – Desa ) provinsi jawa barat  , ada 596 Bumdes yang skrip kembali , 272 BUMdes baru terbentuk , yang menjadi Target jabar sekitar 746 BUMdes  akan di bentuk tahun 2019 , tentunya semuanya untuk memenuhi  kejelasan Perusahaannya  jelas dari 5. 312 desa dijabar , Ungkapnya .

Sedangkan yang diamanatkan Bupati Majalengka yaitu Karna Sobahi , menegaskan pada para kades yang dilantik agar dalam melaksanakan kinerja , para Kepala desa Majalengka, tidak mencoreng nama baik jawa barat , Serta memiliki konsep penataan dilingkungan desanya , tepatnya di kabupaten majalengka , Ucap Bupati . Selesai pelantikan  Gubernur jabar menyerahkan bantuan berupa Mobil Aspirasi Kampung Juara ( MASKARA ) , bagi tujuh desa yang dinilai mampu meningkatkan desanya menjadi Desa Mandiri di Majalengka.

( FRD )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + eleven =