Bandung, Prabunews.com – Musim hujan yang terjadi akhir-akhir ini ternyata selalu menyisakan berbagai cerita di kota ini.Salah satu peristiwa cerita dari musim hujan yang terjadi di kota ini adalah adanya musibah banjir dan itu hampir terjadi di beberapa wilayah yang ada.Salah satu daerah yang menjadi bagian dari fakta kiriman air berlebihan tersebut adalah di daerah Kelurahan Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon tepatnya di wilayah RT 05 RW 02 yang diakibatkan oleh meluapnya air sungai Cikendal, berdasarkan keterangan beberapa warga di daerah itu limpasan air sungai Cikendal sekarang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Wilayah lain yang tidak luput dari kiriman air adalah RT 01 RW 01, beberapa rumah di daerah ini terendam banjir.


Yaqub Suganda (Ketua RW 01) mengatakan bahwa banjir yang merendam beberapa rumah diwilahnya memang cukup tinggi, hal itu ini terjadi selain hujan yang terjadi cukup lebat serta masalah drainase yang berada di Jalan Baturengat kurang berfungsi maksimal. Saluran yang ada di jalan utama selain mengalami pendangkalan juga terdapat saluran yang harus dinormalisasi karena sudah tertimbun, sehingga air melimpas ke area sebelah barat jalan dan masuk ke area pemukiman, lanjut Yaqub.


Sudah dua hari dilaksanakan pengerukan sedimentasi oleh DPU wilayah Tegalega guna menormalisasikan saluran yang ada sebagai upaya meminimalisir dampak debit air yang tidak tertampung saluran air. Kita berharap agar segala upaya yang dilakukan didukung oleh gerakan warga untuk menabung air (harvest water) dengan memperbanyak membuat biopori, drum pori dan sumur resapan serta masyarakat rajin membersihkan saluran airnya agar hujan tetap menjadi berkah.

(Kang Amat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × five =