Sumedang, Prabunews.com – Kemajuan pembangunan suatu negara bisa dilihat dari tingkat kesejahteraan warga masyarakatnya, hal ini ditentukan pula oleh baik buruknya pengelolaan pemerintahan paling bawah yaitu pemerintahan desa, sehingga diperlukan adanya kepala desa dan perangkat desa yang bisa menjalankan tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya dan melaksanakan tugas dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah dengan baik. (17/1/2020)

Ini sudah menjadi kewajiban pemerintah kabupaten untuk melakukan bimbingan dalam upaya meningkatkan wawasan dan kinerja para kepala desa dan perangkatya. Seperti Pemerintah Kabupaten Sumedang yang setiap tahunnya selalu aktif meyelenggarakan program pembinaan bagi kepala desa dan perangkatnya. Bahkan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Sumedang membuat terobosan baru dengan membuat satu Sistem Akuntabilitas Kinerja Perangkat Desa (SAKIP Desa) yang bertujuan meningkatkan kinerja pemerintahan desa, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik, peningkatan ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat.

Seperti yang dikatakan Irfan Triyadi, SE Staf Auditor Inspektorat Kabupaten Sumedang dalam acara pembinaan perangkat desa yang dilaksanakan di Desa Wanasari Kecamatan Surian beberapa waktu lalu, bahwa saat ini kabupaten sumedang sudah menyusun sistem baru untuk Mengukur kinerja pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan jabatannya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban pemerintahan desa, yaitu Sistem Akuntabilitas kinerja Pemerintah Desa atau SAKIP Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 12 =