Bandung, Prabunews.com – Untuk mengantisipasi penyebaran Novacoronavirus 2019, menurut Wakil Direktur Pelayanan Medik Penunjang dan Keperawatan RSUD Al Ihsan, dr. Hadri Pramono MARS. RSUD Al Ihsan membuka Posko Coronavirus, Jelas dr .Hadri pada Media. (26/1/2020)

Sesuai keterangan dari dr. Hadri, Posko bernama Pusat Informasi dan Krisis Centre Novel Coronavirus didirikan didepan pintu masuk Instalasi Gawat Darurat ( IGD ), dengan fungsi sebagai test penyaringan (Screening) pusat informasi serta Krisis Center Virus Flu Misterius yang saat ini telah melanda di China.

Jika seseorang terdeteksi panas badan diatas 38 derajat, maka akan dipisahkan dari pasien lain dipastikan ada virus. Selanjutnya akan ditanya riwayat atau perjalanannya sebelumnya. Jika pasien pernah melakukan perjalanan ke negeri China, dengan tanda tanda itu bisa tetapkan sebagai pasien Suspect Coronavirus dan akan dirawat di ruangan khusus, tegas dr . Hadri. Namun masyarakat tidak perlu panik dan tetap harus waspada, karena belum ada informasi rinci yang pasti mengenai virus ini, baik dari Kementerian Kesehatan WHO atau China  sekalipun masih simpang siur, tandas Wakil Direktur RSUD Al Ihsan milik pemerintah Provinsi jawa barat.

Yang harus diperhatikan :

  1. Tetap waspada dan jangan panik.
  2. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat PHBS.
  3. Hindari kontak dengan hewan atau pasar hewan yang telah terjangkit coronavirus.
  4. Hindari kontak langsung penderita terjangkit coronavirus ( jangan pegang selaput mukosa mata, mukosa hidung dan mukosa mulut dengan tangan yang terkontaminasi coronavirus).
  5. Gunakan masker atau respirator.
  6. Terapkan etika batuk atau bersin dan dilarang meludah sembarangan.

(FRD)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 11 =