Bandung, Prabunews.com – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, perkembangan teknologi dan dunia digital bak pisau bermata dua. Di satu sisi membuka peluang besar di berbagai sektor, seperti ekonomi. Di sisi lain merupakan tantangan bagi generasi muda. “Loncatan teknologi luar biasa. Ini merupakan sebuah peluang sekaligus tantangan,” kata Uu saat memberikan Kuliah Umum dalam Seminar Jabar Entrepreneur Summit 2020 Unikom di Kampus Unikom, Kota Bandung, Kamis (30/1/20).

Dalam acara tersebut, Uu meminta kepada mahasiswa dan generasi muda untuk memanfaatkan peluang sekaligus menjawab tantangan di dunia digital –persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif—dengan mengasah kreativitas, pengetahuan, keahlian, dan adaptif.

“Oleh karena itu loncatan dunia digital. Kita harus bisa memanfaatkannya dengan tepat,” katanya. “Belajar serius, jangan sampai kita kuliah, diwisuda, tapi sudah lulus tidak bisa apa- apa,” imbuhnya.

Menurut Uu, mahasiswa dan generasi muda mesti memiliki prinsip 3K, yakni Kahayang (cita-cita), Kadaek (kemauan untuk berusaha), dan Kawani (berani mengambil risiko). Dengan memiliki prinsip 3K, kata dia, generasi muda akan termotivasi untuk berkembang dan sukses.

Selain itu, Uu berpesan kepada mahasiswa untuk pandai bergaul. Hal itu diperlukan guna memperluas jaringan.

(FRD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 2 =