Bandung – Prabunews – Pemerintah Kota Bandung harus segera menyiapkan lahan untuk Tempat Pengolahan dan Pemprosesan Akhir sampah (TPPAS) tersendiri. Jika tidak, pembuangan akhir sampah akan menjadi masalah besar mengingat potensi sampah di Kota Bandung mencapai sekitar 1.200 ton setiap hari.  Hal itu dikatakan anggota Pansus 1, Riantono saat rapat Pansus 1 di Ruang Komisi C DPRD Kota Bandung, Selasa (11/2/2020).

“Hal itu tak lepas dari rata-rata produksi rata-rata sampah rumah tangga sebesar 0,63 kilogram per hari, sedangkan di Kota Bandung jumlah pendudukanya mencapai kurang lebih 2,5 juta jiwa, dan akan terus meningkat” ujarnya.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Bappelitbang) Riela Fiqrina menuturkan proyeksi timbulan sampah akan terus bertambah setiap tahunnya.

“Melihat fasilitas eksisting TPS 161 unit, asumsi kebutuhan TPS 12 meter persegi  untuk 10.000 penduduk, maka kebutuhannya 246 TPS, kurangnya 85 TPS, dengan eksisting truk sampah 147 unit, di antaranya 110 dalam kondisi baik”. Jelas Riela dalam pemaparan Rapat Pansus 1 tersebut.

Komisi 1 saat ini sedang membahas LK Tahun 2020 Nomor 1 perihal usul Raperda Kota Bandung tentang Perubahan atas Perda Kota Bandung Nomor 18 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung Tahun 2011-2031.

Riela memaparkan, proyeksi jumlah penduduk tahun 2031 di Kota Bandung adalah 4 juta jiwa, penembahan kebutuhan TPS akan terus bertambah. “Dengan asumsi timbulan sampah 0,63 kg per keluarga, pengangkutan ke TPPS Legok Nangka 1200 ton per hari, maka akan terdapat kurang lebih 1.379 ton per hari yang perlu diolah oleh Pemkot Bandung, dan akan membutuhkan penambahan TPS sebanyak 44” jelasnya.

Fasilitas pengolahan sampah yang dapat dilakukan oleh Pemkot Bandung menurut Permen PUPR No. 3/2013, tambah Riela di antaranya TPS 3R, SPA, TPA, dan atau TPST.  Paparan dan penjelasan tersebut  akan dikaji ulang oleh tim Pansus I DPRD Kota Bandung dalam pembahasan rapat kerja. (AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + eleven =