Bandung, Prabunews.com – Hallo sobat prabu, sudah sepanjang Maret ini masyarakat di gemparkan pandemi corona Covid 19. Bagaimana tidak selain menerjang kesehatan , ekonomi , dan memaksa banyak orang untuk melakukan social distancing sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Virus yang meyerang tubuh seseorang ketika daya tahan tubuhnya lemah ini memberikan dampak psikologis yang cukup berat pada seseorang loh sobat.

Diantara nya ialah tingkat stress yang tinggi dan kehawatiran serta rasa cemas yang akhirnya berdampak pada penurunan imun dalam tubuh. Salah satu cara membuat diri kita terlindung dari virus Covid 19 ini selain dari social distancing dan isolasi diri adalah dengan melakukan terapi seni dan pola hidup sehat.

Tapi Seni ini salah satunya ialah mendengarkan music , bernyanyi , dan memainkan alat music. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Psych Central, manfaat mendengarkan musik dapat memiliki efek yang sangat menenangkan buat pikiran dan tubuh, terutama musik yang berirama lambat dan menenangkan.

Jenis musik seperti ini memiliki efek positif pada fungsi fisiologis dimana memperlambat denyut nadi dan detak jantung. Selain itu, menurunkan tekanan darah serta menyeimbangkan tingkat hormon stres.

Selain sebagai pereda stres, musik dapat menjadi pengalih perhatian sekaligus mengeksplorasi emosi, lho. Itu artinya manfaat mendengarkan musik bisa menjadi sarana meditasi dan membantu supaya pikiran tetap fokus.

Secara ilmu kesehatan, mendengarkan musik dapat memberikan banyak manfaat dari segi kesehatan yang tak hanya meredakan stres saja, antara lain:

1. Mendengarkan musik dengan menggunakan headset dapat mengurangi kecemasan pada pasien sebelum dan sesudah operasi.
2. Musik dapat mengurangi rasa sakit dan kesedihan akibat sakit kronis.
3. Mendengarkan musik dapat mengurangi depresi dan meningkatkan rasa percaya diri pada para lansia.
4. Mendengarkan musik dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan mood para atlet ataupun orang-orang yang aktif berolahraga.
Ayo lawan Covid 19 dengan mengurangi stress dan melakukan pola hidup sehat.

(SF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =