Cimahi, Prabunews.com – Sebanyak 3 orang pegawai di RSUD Cibabat terkonfirmasi positif corona virus disease (Covid-19). Saat ini tengah dilakukan penanganan medis dengan isolasi di rumah sakit.

Plt. Direktur RSUD Cibabat dr. Reri Marliah MM. membenarkan hal tersebut, Kamis 2 Juli 2020.

“Betul, pegawai RSUD Cibabat 3 orang positif covid. Satu orang petugas sekuriti dan dua petugas kebersihan (cleaning service/CS),” ujarnya ketika dihubungi.

Petugas sekuriti bertugas di ruang Instalasi Gawat Darurat, sedangkan dua orang CS bertugas di area ruang isolasi.

“Mereka sekarang sudah dirawat di ruang isolasi. Kondisinya baik, stabil dan sebelumnya tak ada gejala covid,” katanya.

Reri mengatakan, terungkapnya kasus positif Covid-19 tersebut berdasarkan hasil swab test di lingkungan RSUD Cibabat.

“Kita melakukan swab massif di lingkungan RSUD dan hasilnya ditemukan positif sehingga langsung diisolasi,” ungkapnya.

Reri menilai, kemungkinan para karyawan tersebut terpapar di luar RS.

“Kemungkinan kena di luar RS, tapi belum bisa menentukan karena di lingkungan sekitar mereka tidak ada yang positif. Hanya mereka saja,” jelasnya.

Dengan adanya temuan kasus positif tersebut pihaknya terus mengedukasi seluruh karyawan untuk disiplin protokol kesehatan sesuai standar.

“Bagi petugas kesehatan maupun non-nakes di lingkungan rumah sakit harus memperhatikan pemakaian dan pelepasan Alat Pelindung Diri (APD) dengan baik dan benar. Di luar lingkungan rumah sakit mereka juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Terutama pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun antiseptik. Jangan sampai terlupakan,” jelasnya.

Sejak RSUD Cibabat ditetapkan menjadi RS Rujukan Covid-19 Kota Cimahi, pihaknya menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP)-protokol-alur penanganan pasien covid.

“Layanan RSUD Cibabat tetap berlangsung seperti biasa. Yang penting para karyawan mematuhi penggunaan APD dan protokol kesehatan baik dan benar sesuai standar. Tidak ada penutupan layanan, jangan sampai masyarakat dikorbankan,” tuturnya.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, pihaknya menekankan ke jajaran RSUD Cibabat untuk melakukan antisipasi penularan Covid-19.

“Di lingkungan RSUD terus mengantisipasi penyebaran pasca-temuan kasus positif karyawan itu, ditingkatkan terus,” ucapnya.

Saat ini kasus positif Covid-19 di Kota Cimahi sebanyak 103 kasus, terdiri dari positif aktif 37 orang (35.92%), positif sembuh 62 orang (60.19%), dan kasus meninggal dunia 4 orang (3.88%).

Setelah pasar tradisional dan toko modern, lanjut Ajay, pihaknya memfokuskan pusat keramaian lainnya sebagai sasaran rapid-swab test massal, ujarnya.

(Dadan Sambas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × three =