Subang, Prabunews.com – Semangat pembangunan di sejumlah sektor terus dilakukan Pemkab Subang. Dengan menggandeng Pemerintah Pusat dan pihak lain, Subang terus membuat terobosan guna kemajuan Subang.

Sejumlah pembangunan yang sedang digarap Pemkab adalah dengan membuka ruas jalan baru dari Subang menuju Bandung dan akses menuju Pelabuhan Patimban.

Di bagian lain, pembangunan pelabuhan Patimban dan Bendungan Sadawarna di Cibogo diprediksi akan memantik pengembangan ekonomi industri dan pertanian.

Berbagai proyek pembangunan itu, akan disempurnakan dengan kehadiran Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia di Pasir Cabe. MAN IC ini rencananya akan dibangun di atas lahan hibah seluas 10 hektare. Tidak hanya MAN IC, akan menghadirkan UIN Sunan Gunung Djati Kampus Subang di lahan seluas 5 hektar.

Kehadiran MAN IC dan Kampus UIN SGD ini kata Kepala Kemnetrian Agama (Kemenag) Subang Abdurohim menjadi urgen di tengah hadirnya industrialisasi dan perkembangan pembangunan di Subang.

Menurut dia, pembangunan SDM yang berkarakter dan berkeahlian menjadi prasyarat lahirnya generasi unggul. “MAN IC ini akan menjawab kebutuhan dan tantangan. Kehadirannya akan memantik peradaban baru, di Subang khususnya, umunya di Jabar dan Indonesia,” kata Abdurohim

Rencana pembangunan MAN IC dan Kampus UIN SGD di Subang merupakan proyek Kemnterian Agama RI. Tidak itu saja, Kemenag juga akan membangun Pusat Observasi Bulan (POB) untuk penelitian bulan dan melihat hilal di Pondok Bali.

Ketiga Proyek di bidang pendidikan ini bukan isapan jempol. Wakil Menteri Agama Republik Indonesia H. Zainut Tauhid Sa’adi melakukan kunjungan kerja ke Subang, pada Sabtu (29/8/2020).

Dalam kunker itu, setidaknya ada tiga agenda besar di bidang pendidikan yang bakal dihadirkan di Kabupaten Subang. Ketiganya adalah Pusat Observasi Bulan (POB) untuk penelitian bulan dan melihat hilal di Pondok Bali.

Wakil Menteri Agama dalam sambutannya menyambut baik atas akan dilakukannya hibah lahan untuk pembangunan 3 tempat yaitu MAN IC, UIN Sunan Gunung Jati dan Pusat Observasi Bulan (POB) di wilayah Subang.

“Mudah-mudahan dalam jangka 3 tahun, pembangunan MAN IC, POB dan UIN di Subang harus segera terbangun,” kata Zainut Tauhid

(AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *