Cimahi, Prabunews.com – Jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Cimahi hingga Selasa, 29 September 2020, tembus angka 320 orang, dengan pasien positif aktif sebanyak 66 orang, sembuh 246 orang dan meninggal dunia delapan orang.

Seperti yang dikutip Prabunews dari RRI “Walaupun saat ini Kota Cimahi sudah keluar dari Zona Merah, pemerintah kota Cimahi beserta jajarannya terus bekerja keras melakukan berbagai upaya agar penyebaran wabah Covid-19 dapat dikendalikan,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Arsip dan Perpustakaan Kota Cimahi, Mohammad Roni, selaku juru bicara Gugus Tugas Penanganan Pandemi Covid-19.

Roni mengatakan, walaupun Cimahi saat ini sudah masuk zona kuning atau zona sedang, upaya pengendalian penyebaran wabah masih terus dilakukan, di antaranya dengan melakukan rapid test dan swab test PCR, serta melakukan tracing terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi positif.

“Kami masih terus melakukan tracing jangan sampai penyebaran Covid-19 semakin meluas. Jadi pada kasus terkonfirmasi positif, kontak eratnya siapa jadi kita tracing terus oleh Dinas Kesehatan Kota Cimahi beserta jajarannya,” ujar Roni.

Untuk data pasien Probable, kata Roni, hingga hari ini tercatat yang meninggal dunia ada empat orang, sedangkan untuk suspek hingga saat ini tercatat sebanyak 1.315 jiwa, dengan 38 orang di antaranya masih menjalani isolasi.

“Sementara untuk kontak erat yang sudah menjalani proses pemeriksaan sebanyak 8.695 orang, dimana 118 di antaranya masih menjalani isolasi mandiri,” imbuhnya.

Dalam kaitan itu, Roni mengharapkan masyarakat Kota Cimahi dapat terus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin mengenakan masker saat berada di tempat umum atau di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta meningkatkan imunitas tubuh.

“Meningkatkan imunitas tubuh dilakukan dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat, makan teratur dengan makanan yang bergizi sehat dan berimbang, serta rajin berolahraga,” ujarnya.

(Dadan Sambas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + nineteen =