Cimahi, Prabunews.com – Dalam situasi ekonomi yang sulit saat ini akibat pandemi covid 19, para pengusaha adalah salah satu pihak yang terdampak.

Banyak para pekerja yang dirumahkan karena pengusaha tidak sanggup untuk membayar upah karyawan akibat perusahaan yang gulung tikar akibat mengurangi produksinya karena daya beli masyarakat yang menurun.

Untuk mencari solusi akibat pandemi covid-19, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cimahi berinisiatif untuk mengajak para pengusaha di Kota Cimahi untuk bangkit dan mencari solusi dalam menghadapi dampak pandemi, dalam acara Silaturahmi yang diselenggarakan di Harris Hotel & Convention Festival Citylink, Selasa 29 September 2020.

Hadir dalam acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna, Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara, Ketua kadin Kota Cimahi Asep Maryadi dan segenap para pengusaha di wilayah Kota Cimahi.

Menurut Ketua Kadin Kota Cimahi Asep Maryadi, acara Silaturahmi ini untuk mempererat silaturahmi dengan para pengusaha besar di Kota Cimahi.

Seperti diketahui para pengusaha besar di Kota Cimahi kurang lebih ada sekitar 400 pengusaha yang termasuk kelas besar yang selama ini belum tersentuh oleh pemerintah daerah, oleh karena itu Kadin Kota Cimahi berusaha menjadi fasilitator agar kemitraan bisa berjalan lancar.

“Keluhan dari pengusaha karena pandemi covid-19 ini berdampak keseluruh sektor dan sangat berpengaruh, kita harus memperkuat kerjasama agar perusahaan yang masih bertahan bisa membantu perusahaaan yang sudah mulai goyang,”ujarnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan, dukungan pemerintah Kota Cimahi kepada Kadin Kota Cimahi cukup besar, dengan modal tersebut Kadin terus menjalin kemitraan dengan para pengusaha di Kota Cimahi dalam masa pandemi ini untuk terus berinovasi guna memperbaiki pertumbuhan ekonomi di Kota Cimahi.

Kemitraan ini yaitu dengan menggabungkan program Pemkot Cimahi dengan Kadin Kota Cimahi guna saling mengisi.

Dengan adanya acara ini, Beliau berharap bisa menjadi kekuatan kedua setelah pemerintah Kota Cimahi dan saling berkolaborasi.

Dalam kesempatan yang sama Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna menyambut baik acara ini. Ajay sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kadin Kota Cimahi dan diharapkan hubungan baik Kadin Kota Cimahi dengan Pemerintah Kota Cimahi bisa terus terjalin untuk meningkatkan perekonomian di Kota Cimahi.

“Luar biasa acara yang diselengarakan Kadin Kota Cimahi ini yang mana bisa mengkolaborasikan dan bekerjasama dengan para pengusaha Kota Cimahi guna meningkatkan perekonomian dimasa Pandemi ini”, katanya.

Dengan penduduk 620 ribu jiwa yang menempati wilayah 40 km², menurut Ajay, Kota Cimahi memiliki lebih banyak sumberdaya manusia dibandingkan sumber daya alam atau yang lainnya, dengan begitu sumber daya manusia ini yang harus dioptimalkan.

“Cita-cita pemerintah Kota Cimahi bisa mengoptimalisasi sumber daya manusia, salah satu caranya dengan program-program pelatihan keterampilan, untuk itu kami membuka pintu seluas-luasnya kepada Kadin kota Cimahi untuk bisa berkolaborasi dalam program ini, kami juga berharap Kadin Jawa barat bisa menjadi ayah angkat bagi para pengusaha di kota Cimahi”, katanya.

Sementara itu Ketua Kadin Jawa Barat Cucu Sutara mengatakan salah satu bukti bahwa Kadin selalu ingin berkontribusi terhadap perekonomian di Jawa Barat, masa pandemi ini merupakan masa yang sulit bagi pengusaha khususnya di Jawa Barat termasuk Kota Cimahi.

Untuk itu Kadin berusaha berperan, berkontribusi dan memberikan gagasan untuk penanggulangan pemulihan ekonomi supaya para pengusaha di Kota Cimahi bisa bangkit kembali.

“Saya akan selalu mendorong kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Kadin bukan hanya di Kota Cimahi namun juga di daerah-daerah lain, karena masalah yang ditimbulkan dari dampak pandemi ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tapi juga menjadi tugas Kadin dengan cara mendukung semua kebijakan pemerintah dalam rangka pemulihan perekonomian”,katanya.

(Dadan Sambas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 10 =