Cimahi, Prabunews.com – Menteri Pendidikan dan Kebu­dayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, mengatakan, tema utama pendidikan Indonesia pada 2021 akan fokus pada digitalisasi sekolah.

Tema itu dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang memaksa dunia pendi­dikan membatasi kegiatan sekolah dan belajar dari rumah. Apalagi pada 2021, apabila Co­vid-19 belum mereda. “Jadi, tahun depan digitalisasi se­kolah akan jadi tema utama,” terangnya dalam webinar Cerita di Kemenkeu Menga­jar.

Untuk itu, digitalisasi diperlukan demi mengoptimal­kan pengajaran di tengah pandemi. Pemanfaatan teknologi menjadi masif demi jalannya dunia pen­didikan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Oleh karena itu, pihaknya beren­cana menyediakan gawai dan laptop untuk menunjang PJJ. “Di mana persiapan semua sekolah mempunyai gawai, laptop-laptop untuk menger­jakan PJJ,” jelasnya.

Tidak hanya saat pandemi, teknologi tentu akan men­jadi kebutuhan di masa men­datang. Harapannya, penyediaan gawai dan laptop ini bisa menunjang kualitas pengajaran para pendidik maupun hak mendapatkan pendidikan bagi peserta didik. “Untuk inventaris sekolah, guru mendapatkan pelatihan terbaik, pelatihan kurikulum dan lain-lain,” pungkasnya.

(Dadan Sambas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + 6 =