Cimahi, Prabunews.com – Ginjal kronis merupakan penyakit kesehatan yang dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal hingga ke tahap gagal ginjal.

Diketahui, dalam tubuh manusia, ginjal merupakan salah satu organ tubuh terpenting karena memiliki fungsi sebagai penyaring racun dan kotoran di dalam darah.

Agar terhindar dari berbagai jenis racun, ginjal memiliki peranan penting dalam menjaga organ tubuh.

Ginjal dapat mengalami kerusakan seperti organ lain di tubuh. Hal tersebut mengakibatkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu penting menjaga kesehatan ginjal. Apabila dibiarkan, maka akan terjadi penumpukan limbah racun di dalam tubuh.

Parahnya, jika organ ginjal tak dijaga dengan baik maka kemungkinan sakit ginjal seperti batu ginjal bisa menyerang meski dalam usia muda.

Salah satu faktor kuat dari terjadinya sakit ginjal adalah tidak menjaga pola makan yang terlalu tinggi kandungan kalium dan purin yang bisa menyebabkan asam urat menumpuk pada organ ginjal dan membuat organ ginjal bekerja dengan berat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan organ ginjal sejak dini.

Memulai pola hidup sehat dan menjauhi kebiasaan buruk bisa membantu organ ginjal terhindar dari penyakit sejak usia muda.

Sayangnya, ada beberapa kebiasaan buruk yang dianggap sepele yang tak disadari banyak orang yang bisa menyebabkan penyakit ginjal dikemudian hari.

Lantas, apa sajakah kebiasaan buruk dan sepele ini yang bisa membuat organ ginjal rusak?

Sebagaimana dikutip Prabunews.com yang diberitakan Ringtimes Banyuwangi, “4 Kebiasaan Sepele Sebabkan Sakit Ginjal, Salah Satunya Sering Minum Suplemen Vitamin C”, yang melansir dari Healthline, berikut beberapa kebiasaan buruk yang jarang diketahui dan bisa menyebabkan sakit ginjal di kemudian hari.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Garam Seperti Keripik

Dengan konsumsi makanan yang tinggi kandungan sodium, organ ginjal akan bekerja berat dan bisa meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal.

Menurut Urology Care Foundation, terlalu banyak garam dalam urin mencegah kalsium diserap kembali dari urin ke darah. Hal ini bisa menyebabkan kalsium urin tinggi yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Cobalah untuk konsumsi makanan rendah garam agar kadar kalsium urin bisa terjaga rendah agar terhindar dari risiko batu ginjal.

Beberapa makanan tinggi natrium misalnya makanan olahan, seperti keripik dan kerupuk.

2. Sering Konsumsi Makanan Tinggi Oksalat.
Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang berasal dari tingginya kandungan oksalat pada makanan.

Oksalat merupakan salah satu kandungan alami yang ditemukan dalam makanan yang mampu mengikat kalsium dalam urin yang bisa membentuk batu ginjal.

Kita sebaiknya mengurangi makanan yang tinggi kandungan oksalat. Makanlah jenis makanan tinggi oksalat secukupnya saja.

Beberapa makanan tinggi oksalat diantaranya adalah bayam, kopi, cokelat, serta ubi jalar.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Protein Hewani.

Protein hewani memiliki sifat asam yang bisa meningkatkan kadar asam pada urin.

Asam pada urin bisa membuat kadar asam urat tinggi yang berujung pada pembentukan batu ginjal akibat kalsium oksalat.

Kurangi konsumsi protein hewani seperti daging sapi, unggas, hingga daging babi.

4. Sering Konsumsi Suplemen Vitamin C

Vitamun C yang alami berasal dari buah dan sayur memang sangat baik menutrisi tubuh.

Namun vitamin C dalam bentuk suplemen biasanya memiliki kandungan asam askorbat yang bisa membuat resiko batu ginjal meningkat terutama pada pria.

Sebuah penelitian tahun 2013 menghasilkan fakta bahwa pria yang mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi bisa mengakibatkan resiko terbentuknya batu ginjal.

Nah itulah 4 kebiasaan buruk yang dianggap sepele yang bisa dihindari secepatnya sebelum penyakit ginjal menyerang.

(Dadan Sambas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + eight =