Bandung, Prabunews.com – Dalam rangka memperingati Hari Angklung Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 16 November setiap tahunya. Hari ini Dinas Pendidikan Kota Bandung bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bendung serta UPI Bandung (KABUMI) melenggarakan acara peringatan Hari Angklung Se-Dunia secara Virtual (20/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di Bandung Creatif Hub (BCH) tersebut diikuti oleh 38 Guru dan 6 daerah meliputi Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, Papua dan dari luar negeri serta dilakukan secara virtual.

Ada beberapa materi acara yang ditampilkan selain seni pertunjukan Angklung kolaborasi juga hadir acara Talkshow yang menghadirkan nara sumber diantaranya Tantan Syurya Santana,S.Sos., M.Si. Sekdisparbud Kota Bandung, DR.H.Hikmat Ginanjar, M.Si Kadisdik Kota Bandung serta praktisi Angklung Aan Handoyo. Talkshow tersebut mengangkat tema ” Menjaga Eksistensi Angklung di Kancah Internasional “.

 

DR.H Hikmat Ginanjar, M.Si Kadisdik Kota Bandung

Hikmat Ginanjar, Kadisdik Kota Bandung mengatakan bahwa salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara warisan budaya termasuk Angklung oleh generasi muda adalah dengan menghadirkan strategi yang efektif.

Salah satu strategi yang paling efektif adalah dengan pengembangan seni Angklung di sekolah-sekolah.Beberapa sekolah di Kota Bandung telah memasukan materi Angklung ini masuk pada pelajaran baik itu intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Kedepannya Pemkot Bandung melalui Dinas Pendidikan akan memasukan materi Angklung masuk dalam intrakurikuler yang secara masif diajarkan di seluruh sekolah sebagai upaya melestarikan seni musil Angklung untuk generasi yang akan datang, tegas Hikmat.

(Kang Amat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − four =