Bandung, Prabunews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis target menanam 20 juta bibit pohon bisa tercapai pada akhir tahun 2020 dan 50 juta bibit pohon bisa tertanam pada akhir 2021.

Menurut Ridwan Kamil, latar belakang gerakan tanam dan pelihara pohon ini karena di Jawa Barat banyak lahan kritis, yang berpotensi menyebabkan bencana longsor dan banjir.

“Alhamdulillah baru satu tahun sudah tertanam 19 juta pohon dan kami harap tahun depan 50 juta pohon bisa terealisasi dengan cepat, didukung komitmen Pak Presiden saat di Bogor  akan menyumbang 25 juta bibit pohon ke Jawa Barat,” jelas Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil saat menghadiri Gerakan Nasional Pemulihan DAS Tahun 2020 di Kebun Raya Kuningan, Kabupaten Kuningan, Sabtu 28 November 2020.

Dikatakan Kang Emil, Salah satu organisasi yang paling siap turut di program ini adalah Pramuka. Di bulan bulan ini 27 ribu anggota Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat, yang dikomandoi Atalia Praratya Ridwan Kamil akan ikut dalam penanaman pohon bersama Dinas Kehutanan Jawa Barat. Anggota Kwarda Pramuka Jawa Barat akan disebar ke 27 kabupaten kota di Jawa Barat.

“Mudah-mudahan pramuka akan menjadi inspirasi atau contoh terdepan dalam menyelamatkan lingkungan,” ucapnya. Dijelaskan, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat juga akan membuat aplikasi untuk memudahkan masyarakat Jawa Barat berpartisipasi dalam Gerakan Tanam dan Pelihara 50 juta pohon.

(Mz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 12 =