Bandung, Prabunews.com – Sesuatu yang tidak pernah diprediksi hadir dalam dinamika kehidupan seluruh penduduk bumi adalah hadirnya Pandemi Covid-19.

Kehadiran virus ini tentu saja tidak menjadi domain siapapun yang bergerak diranah ruang-ruang kesehatan namun dampak kehadirannya yang begitu dahsyat masuk keberbagai ruang dinamika kehidupan, baik sosial ekonomi, budaya, pariwisata, lingkungan, pendidikan bahkan pada kegiatan keagamaan.

Dua dari banyak sektor yang terdampak akibat C-19 dan telah disampaikan diatas adalah Sektor Pendidikan dan Lingkungan.

Hal ini menjadi tema besar pada acara Refleksi Akhir Tahun 2020, LSM Peduli Lingkungan Jawa Barat (PELIJA) dengan mengambil Tema Besar ” Menatap Masa Depan Dunia Pendidikan dan Lingkungan Hidup Pasca Pandemi Covid-19 “(21/12).

Ir.H.M Q. Iswara, AIFO , Direktur Eksekutif Pelija mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai sebuah upaya untuk menggali tentang regulasi dan implikasi nyata berbasis solusi terhadap dua ruang tersebut mengingat sangat pentingnya semua sistem itu berjalan di kedua ruang itu.

Dengam hadirnya Pandemi C-19 ini bagi lingkungan ternyata memberikan dampak positif diantaranya penurunan emisi gas Karbon dan itu terjadi karena menurunnya aktifitas manusia.

Namun selain itu di sektor pendidikan pun harus menjadi perhatian utama mengingat bahwa dorongan aspirasi masyarakat untuk hadirnya pembelajaran tatap muka untuk segera direalisasikan. Namun perlu dikaji lagi tentang jaminan keamanan dan kenyamanan sehat bagi segenap civitas akademika, tegas Iswara.

Dr.Ir.Setiawan Wangsaatmaja Sekda Provinsi Jabar

Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk webinar refleksi akhir tahun 2020 ini diisi dengan penyampaian materi yang diberikan oleh beberapa nara sumber diantaranya, H.Dedi Supandi, S.STP, M.Si Kadisdik Provinsi Jabar, Eko Priastono Sekdis Lingkungan Hidup Jabar serta beberapa penanggap diantaranya, Dr.Ir.M.Satori Dekan Fak.Tehnik Unisba, Prof.Dr.M.Nazib, M.Ag Ketua ICMI Jabar dan Drs.Cucu Saputra, M.M.Pd Ketua PGRI Kota Bandung.

Dalam kesempatan yang sama DR.Ineu Purwadewi, S.Sos, M.M Wakil Ketua DPRD Jabar memberikan sambutan atas kegiatan ini serta Dr.Ir.Setiawan Wangsaatmaja Sekda Provinsi Jabar, selain memberikan sambutan, juga menyampaikan paparan singkatnya yang berhubungan dengan kedua materi webinar tersebut.

Perubahan telah terjadi dan sedang terus berjalan dan kita tidak bisa menghindarinya. Semua pilihan kebijakan adalah nyata dan senantiasa harus terus disesuaikan dengan situasi dan kondisi kekinian.

(Kang Amat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 18 =