Bandung, Prabunews.com – Genap satu minggu Sungai Cikendal dibersihkan oleh Satgas Citarum dan kolaborasi dengan berbagai sektor dari tumpukan sampah. Namun pada hari ini (14/1) kita menyaksikan kembali tumpukan itu di lokasi yang sama.

Tumpukan sampah yang terdiri dari banyak jenis material, ini menandakan bahwa kesadaran sebagian masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai masih sangat rendah.

Secara nyata kita sangat meyakini bahwa permasalahan penumpukan sampah di sungai bermuara dari kebiasaan masyarakat membuang sampahnya ke sungai dan ini sejatinya bisa dianalisis manakala ada keseriusan kinerja kewilayahan RT dan RW berbasis sosialisasi, edukasi bahkan monev dan hadirnya kesepakatan sangsi bersama warga.

Keberadaan Sungai Cikendal yang merupakan satu aliran dari Sungai Cibeireum, Sungai Citopeng ini termasuk lintas pemeritahan kota dan kabupaten dikhawatirkan juga akan menjadi kisah klasik dengan saling lempar tanggung jawab dan saling menyalahkan walaupun kesepakatan pernah dibuat beberapa tahun yang lalu.

Selama tidak ada keseriusan dalam mencari solusi dan aksi sepertinya besok lusa cerita ini akan berulang kembali dan para satgas serta opd yang terlibat dalam gerakan giat bersih sungai harus bersiap masuk ke episode selanjutnya.

(Kang Amat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =