Garut, Prabunews.com – Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Garut, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut menggelar vaksinasi massal untuk pedagang pasar,  pegawai bank, BUMN, dan pelayan publik lainnya,dengan target 2500 orang.

Vaksinasi massal ini salah satu langkah proaktif Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut untuk menyukseskan vaksinasi di Garut. Vaksinansi dipusatkan di Gedung Art Center dan Sarana Olah Raga (SOR) Ciateul Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut.

“Kami Satgas Covid-19 serta TNI Polri melakukan langkah-langkah proaktif dalam rangka mensukseskan (penanganan) Covid-19 di Garut di antarannya dengan vaksinasi, Insya Allah kami semuanya semangat, masyarakat juga antusias bisa dilihat di sini semuanya antusias untuk divaksin,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan di sela-sela pelaksanaan vaksinasi massal di Gedung Art Center Garut, Sabtu 13 Maret 2021.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut Maskut Farid, menuturkan, vaksinasi massal ini sementara akan difokuskan di zona merah yang ada di Kabupaten Garut.

“Khusus di Garut vaksinnya belum semua datang, kami fokuskan ke zona merah dulu, sehingga hari ini kita fokuskan di Garut Kota dengan kurang lebih 2500 orang 1 hari selesai, dan kami tunggu vaksin berikutnya untuk memenuhi target, Garut melaksanakan vaksinasi  sebanyak 3,6 juta penduduk,” jelas Maskut.

Disisi lain, Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Garut Asep Surachman menjelaskan, vaksinasi massal ini akan diagendakan setiap minggu dan secara berkala dengan sasaran para pelayan publik lainnya.

“Kemungkinan ini akan diagendakan setiap minggu untuk sasaran pelayan publik dan nanti juga akan bergeser ke pelayan publik yang lainnya selain nanti ada pedagang, ada karyawan, ada media, kemudian ada tokoh agama, ada dari pondok pesantren dan sebagainya, termasuk nanti juga ada guru di sini, dosen juga di sini, kita akan melaksanakan massal secara berkala,” ucapnya.

Ia mengungkapkan untuk vaksinasi di Kabupaten Garut menargetkan 25 ribu orang selesai divaksinasi sebelum memasuki Bulan Ramadhan.

“Mudah-mudahan sebelum puasa ini kita selesai di sasaran 25 ribu ya sekarang baru mencapai 17 ribu, Insya Allah 8 ribu ini akan selesai dalam minggu minggu ini,” ungkap Asep.

Sementara salah satu peserta vaksinasi massal, Delia (23) yang bekerja di salah satu bank di Kabupaten Garut, mengatakan, vaksinasi Covid-19 tidak jauh berbeda dengan disuntik seperti biasa.

“Kayak disuntik biasa sih terus udah 5 sampai 10 menit mulai kerasa pegel, nggak ada (rasa takut) sih cuman emang ada gosip-gosip jadi panas lah atau gimana tapi asalkan udah discreening kan jadi kayak diwawancara dulu apakah udah sarapan apa kerasa demam atau enggak, harapannya semoga Covid-19 segera mereda dengan adanya vaksin,” pungkas Delia.

(Mz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =