Cimahi, Prabunews.com – Ramainya kesalahan yang terjadi akibat data yang diinput dirasa tidak masuk akal khususnya di jalur Prestasi Akademik / Raport , Asep B Kurnia atau AA Maung sebagai Ketua Umum LBP2 memberikan pandangannya terkait hal itu pada Prabunews.com Kamis (10/06/2021).

Asep mengatakan bahwa hal ini akibat dari aturan PPDB sekarang tidak sesuai dengan kurikulum yang sudah dilakukan atau dijalankan selama ini khususnya di tingkat SMP/MTs yang akan mendaftar ke tingkat SMA/SMK, jadi seolah dengan aturan PPDB khususnya prestasi akademik ini untuk guru SMP / MTs atau wali kelas sendiri akan sangat-sangat kesulitan menentukan peringkat kelas karena Kurikulum Pembelajaran yang dilaksanakan saat ini tidak ada Peringkat kelas dalam raport, hal ini tentu akan menjadi sebuah permasalahan baru.

Dengan keadaan seperti itu saya rasa wajar apabila ada kesalahan dalam input data, tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga OKNUM yang sengaja menaikan nilai agar bisa diterima disekolah tujuannya.

Sebaliknya AA. Maung sangat apresiasi kepada sistem yang ada di dilakukan Dinas Pendidikan Jawa Barat, karena hal-hal kecurangan atau kesalahan kejadian itu bisa diketahui lebih dini.

Sebagai apresiasinya adalah bahwa Dinas Pendidikan Provinsi tidak serta merta menerima nilai-nilai itu sendiri sehingga dilakukan verifikasi ulang untuk input data dari sekolah-sekolah yang mendaftar.

Tetapi mungkin kegelisahan orang tua wajar apabila terjadi karena sudah barang tentu ingin memperjuangkan anaknya sesuai harapan, hal ini karena melihat data yang ada diserver PPDB karena terlihat seperti banyak kecurangan, tapi semoga aja Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat bisa segera memverifikasi data sehingga akan terasa fair bagi semua, pungkas AA. Maung.

(Dadan Sambas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 1 =