Bermain Video Game Mungkin Dapat Memberikan Pembelajaran & Manfaat Sosial

Bermain video game, termasuk game violent shooter dapat meningkatkan keterampilan belajar, kesehatan, dan sosial anak-anak, menurut tinjauan penelitian American Psychologist.

Studi ini keluar saat perdebatan berlanjut di antara psikolog dan profesional kesehatan lainnya mengenai efek media kekerasan pada kaum muda. Satuan tugas APA (American Psychological Association) sedang melakukan tinjauan komprehensif penelitian tentang kekerasan dalam video game dan media interaktif dan akan merilis temuannya.

“Penelitian penting telah dilakukan selama beberapa dekade tentang efek negatif dari game, termasuk kecanduan, depresi, dan agresi, dan kami tentu tidak menyarankan bahwa ini harus diabaikan,” kata Isabela Granic, PhD, dari Radboud University Nijmegen di Belanda, penulis utama artikel. “Namun, untuk memahami dampak video game pada perkembangan anak dan remaja, diperlukan perspektif yang lebih seimbang.”

Sementara satu pandangan yang dipegang secara luas menyatakan bahwa bermain video game itu malas secara intelektual, bermain seperti itu sebenarnya dapat memperkuat berbagai keterampilan kognitif seperti navigasi spasial, penalaran, memori dan persepsi, menurut beberapa penelitian yang diulas dalam artikel tersebut. Hal ini terutama berlaku untuk video game penembak, yang sering kali penuh kekerasan, menurut para penulis. Sebuah meta-analisis 2013 menemukan bahwa bermain video game shooter meningkatkan kapasitas pemain untuk berpikir tentang objek dalam tiga dimensi serta kursus akademik yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan yang sama ini, menurut penelitian tersebut.

“Ini memiliki implikasi penting untuk pendidikan dan pengembangan karir, karena penelitian sebelumnya telah menetapkan kekuatan keterampilan spasial untuk pencapaian dalam sains, teknologi, teknik, dan matematika,” kata Granic.

Peningkatan pemikiran ini tidak ditemukan saat memainkan jenis video game lain, seperti puzzle atau role-playing game.

Bermain video game juga dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, kata para penulis. Semakin banyak remaja dilaporkan bermain video game strategis, seperti role-playing game, semakin mereka meningkat dalam pemecahan masalah dan nilai sekolah pada tahun berikutnya, menurut sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan pada tahun 2013. Kreativitas anak-anak juga ditingkatkan dengan bermain apapun. video game, termasuk violent game, tetapi tidak ketika anak-anak menggunakan bentuk teknologi lain, seperti komputer atau ponsel, penelitian lain mengungkapkan.

Permainan sederhana yang mudah diakses dan dapat dimainkan dengan cepat, seperti “Angry Birds,” dapat meningkatkan suasana hati pemain, meningkatkan relaksasi, dan menangkal kecemasan, kata studi tersebut. “Jika bermain video game hanya membuat orang lebih bahagia, ini tampaknya menjadi manfaat emosional mendasar yang perlu dipertimbangkan,” kata Granic. Penulis juga menyoroti kemungkinan bahwa video game adalah alat yang efektif untuk mempelajari ketahanan dalam menghadapi kegagalan. Dengan belajar mengatasi kegagalan berkelanjutan dalam permainan, penulis menyarankan agar anak-anak membangun ketahanan emosional yang dapat mereka andalkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Stereotip lain yang menjadi tantangan penelitian adalah gamer yang terisolasi secara sosial. Lebih dari 70 persen gamer bermain dengan seorang teman, dan jutaan orang di seluruh dunia berpartisipasi dalam dunia maya besar-besaran melalui video game seperti “Farmville” dan “World of Warcraft,” tulis artikel tersebut. Permainan multipemain menjadi komunitas sosial virtual, di mana keputusan perlu dibuat dengan cepat tentang siapa yang harus dipercaya atau ditolak dan bagaimana memimpin sebuah kelompok, kata para penulis. Orang yang bermain video game, bahkan jika mereka melakukan kekerasan, yang mendorong kerja sama lebih cenderung membantu orang lain saat bermain game daripada mereka yang bermain game yang sama secara kompetitif.