Bandung, Prabunews.com – Kelapa atau dalam Bahasa Latin (Cocos Nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Arti kata kelapa (atau coconut, dalam bahasa Inggris) dapat merujuk pada keseluruhan pohon kelapa, biji, atau buah, yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan. Istilah ini berasal dari kata Portugis dan Spanyol abad ke-16, coco yang berarti “kepala” atau “tengkorak” setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Kelapa dikenal karena kegunaannya yang beragam, mulai dari makanan hingga kosmetik. Daging bagian dalam dari benih matang membentuk bagian yang secara teratur menjadi sumber makanan bagi banyak orang di daerah tropis dan subtropis. Kelapa berbeda dari buah-buahan lain karena endosperma mereka mengandung sejumlah besar cairan bening, disebut “santan” dalam literatur, dan ketika belum matang, dapat dipanen untuk diminum sebagai “air kelapa”, atau juga disebut “jus kelapa”. Dikutip Prabunews.com dari Wikipedia.

Tentu saja air kelapa dapat dikonsumsi sebagai pelepas dahaga, selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa pun memiliki banyak sekali manfaat yang dapat berguna sekali bagi tubuh manusia. Dan menurut sebagian kalangan air kelapa dipercaya dapat menetralisir racun yang ada didalam tubuh kita dan menjadi cairan untuk menyembuhkan beberapa penyakit dalam sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Benarkah demikian?

Melansir fakta gizi yang terdapat pada Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram (gr) air kelapa memiliki komposisi gizi sebagai berikut:

  • Energi: 17 Kalori (Kal)
  • Protein: 0.2 g
  • Lemak : 0.1 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Kalsium: 15 miligram (mg)
  • Fosfor: 8 mg
  • Besi: 0.2 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 149 mg

Melihat data kandungan gizi diatas tentu saja kita dapat menyimpulkan bahwa air kelapa muda sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Dapat Mencegah Penyakit Diare dan Masalah Pencernaan

Air kelapa muda dipercaya dapat mencegah dan mengobati diare serta masalah pencernaan lainnya. Hal ini karena penderita diare dapat kehilangan banyak cairan tubuh atau dehidrasi. Kandungan Natrium yang rendah serta tinggi kalori dan asam amino yang terkandung dalam cairan air kelapa muda merupakan komposisi yang seimbang untuk mencegah dehidrasi ringan yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan atau diare. Karena biasanya penderita diare dapat kehilangan banyak sekali cairan tubuh.

Memperlambat Penuaan Dini

Wajah terlihat lebih halus dan memperlambat penuaan dini. Ini dikarenakan kandungan sitokinin yaitu salah satu hormon pertubuhan yang terdapat pada kelapa muda berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jika kalian ingin terlihat awet muda, mungkin air kelapa muda dapat dijadikan salah satu rekomendasi konsumsi harian anda. Dan tentu saja banyak manfaat lainnya yang penulis belum sempat tuliskan pada artikel ini.

(RED)

By Redaksi

Integritas Digital Media