Gempa Cianjur Dini Hari Ini, BMKG: Karena Sesar Cugenang

Nasional, NEWS, Peristiwa520 Dilihat

Prabunews.com Gempa bumi dengan 4,3 magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa (24/1) pukul 02.45 WIB. Gempa ini disebut diakibatkan karena aktivitas Sesar Cugenang.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang,” demikian keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam siaran pers.

Adapun episenter gempa terletak pada koordinat 6,82 derajat Lintang Selatan dan 107,07 Bujur Timur, tepatnya di darat pada jarak 7 km Barat Laut Kabupaten Cianjur, Jabar pada kedalaman 10 km

BMKG menyebut gempa dini hari ini dirasakan di wilayah Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi, Cianjur, Warungkondang, dan Karang tengah dengan skala Intensitas III – IV MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu – Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi,” tulis BMKG.

Gempa juga terasa hingga ke Purwakarta, Jakarta Selatan, Tanggerang Selatan, Bekasi, dan Depok.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” tulis BMKG.

BMKG mencatat, sejak 21 November 2022 hingga Selasa 24 Januari 2023 telah terjadi 487 kali gempa susulan di wilayah Cianjur.

BMKG pun mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.