Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Jembrana Gelar Operasi Zebra Agung 2022

NEWS44 Dilihat

Jembrana,Prabunews.com- Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Jembrana menggelar Operasi Zebra Agung 2022 yag diawali degan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Apel depan Mapolres Jembrana dalam rangka menciptakan situasi tetap aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Jembrana, Kamis (24/11) pukul 08.25 Wita. Kali ini Operasi Zebra Agung 2022 mengusung tema “Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Presisi”.

 

Dalam apel Gelar Pasukan dipimpin Kapolres Jembrana I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. selaku pimpinan apel dan dihadiri oleh Kalaksa BPBD Kab. Jembrana, Kadis Kesehatan Kab. Jembrana, Kadis Perhubungan Kelautan dan Perikanan Kab. Jembrana (diwakili), Dansubdenpom IX/3-2 Negara (diwakili), Kepala Jasa Raharja Kab. Jembrana (diwakili), para Kabag, Kapolsek, Kasat, para Perwira jajaran Polsek dan Polres Jembrana.

Apel gelar pasukan diikuti oleh Pleton gabungan Provos Polres Jembrana dan Subdenpom IX/3-2 Negara, Pleton Dalmas Polres Jembrana, Pleton Satuan Lantas Polres Jembrana, Pleton Gabungan Staf, Pleton Gabungan Sat Reskrim, Satresnarkoba dan Polsek jajaran Polres Jembrana, Regu Dinas Perhubungan Kab. Jembrana, Regu Ranmor Samapta Polres Jembrana, Regu Ranmor Sat Lantas Polres Jembrana, dengan jumlah keseluruhan sekitar 120 personel.

Dalam Apel Gelar Pasukan dilakukan penyematan pita sebagai tanda dimulainya Operasi Zebra Agung 2022 oleh pimpinan apel kepada perwakilan dari anggota Pom TNI AD, anggota Sat Lantas Polres Jembrana, dan anggota Dishub.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. selaku pimpinan apel dalam amanatnya membacakan amanat Kapolda Bali, pada intinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak/Ibu dan para undangan sekalian yang telah berkenan hadir pada kegiatan apel gelar pasukan pada pagi hari ini selain itu saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personil, TNI, pemerintah daerah, instansi terkait serta segenap elemen masyarakat Bali atas segala dukungan dan kerjasamanya sehingga pelaksanaan rangkaian presidensi KTT G20 Tahun 2022 di Bali dapat berjalan dengan baik dan lancar Saya berharap agar sinergitas dan kolaborasi yang sudah terjalin dengan baik ini dapat kita jaga dan tingkatkan dalam memelihara stabilitas kamtibmas di wilayah Bali.

google.com, pub-1005788564829701, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Saat membacakan amanat Kapolres lanjut menyampaikan, lalu lintas merupakan salah satu sektor yang cukup sentral dalam perkembangan negara Republik Indonesia lalu lintas mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional di mana produktivitas masyarakat dan kegiatan perekonomian tergantung pada keamanan dan kelancaran lalu lintas, namun demikian masih terdapat masyarakat yang tidak mengindahkan kedisiplinan dalam lalu lintas Pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2021 tercatat jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polda Bali sebanyak 7.587 pelanggaran dan terjadi 91 kecelakaan lalu lintas dari data pelanggaran dan kecelakaan tersebut menyebabkan 8 orang meninggal dunia 1 orang Luka berat 133 orang luka ringan dan menimbulkan kerugian material sebesar Rp 140.950.000,- (seratus empat puluh juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah).

 

Lanjutnya, berdasarkan data tersebut dibutuhkan serangkaian upaya komprehensif yang mencakup upaya pembinaan pencegahan dan penegakan hukum upaya pembinaan dan pencegahan tersebut dilakukan melalui peningkatan pemahaman masyarakat akan peraturan lalu lintas serta melalui peningkatan pengawasan kelayakan jalan sarana dan prasarana mau kendaraan, sementara itu upaya penegakan hukum dilakukan melalui operasi pemeriksaan kendaraan bermotor perlengkapan berkendara dan surat kelengkapannya yang dilaksanakan secara berkala dan penegakan hukum secara elektronik (ETLE).

 

“Sebagai upaya untuk menekan tingginya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas polda bali akan menyelenggarakan operasi Zebra Agung 2022 operasi akan dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 24 November sampai dengan 7 Desember 2022 yang mengusung tema” Tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang presisi ” operasi kali ini mengedepankan pola operasi yang bersifat preemtif dan preventif serta didukung pola penegakan hukum secara elektronik ETLE baik secara statis maupun mobile saat ini kita telah mengoperasikan 8 (ETLE) yang tersebar di wilayah Denpasar dan Badung dan terkait dengan penegakan hukum lantas terdapat beberapa perioditas pelanggaran yang harus diperhatikan mulai dari,

pengemudi / pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara,pengendara di bawah umur,penggunaan helm SNI dan safety belt,melawan arus dan,berkendara melebihi batas kecepatan,” jelas Kapolres.

 

“Gelar pasukan yang kita laksanakan saat ini merupakan wujud kesiapan dan keseriusan kita dalam melaksanakan Operasi Zebra Tahun 2022 kegiatan ini juga dimaksudkan untuk melaksanakan final checking terhadap kesiapan seluruh personil pengamanan dan sarana prasarana yang akan digunakan di lapangan Saya berharap pada kegiatan apel gelar pasukan ini seluruh pejabat operasi dan seluruh personil pengamanan yang terlibat sudah memahami dan siap melaksanakan tugasnya dengan baik,” sambungnya.

 

“Sebelum mengakhiri amanat ini saya ingin menekankan beberapa perhatian agar dilaksanakan oleh rekan-rekan sekalian yaitu,Para pejabat operasi dan para padal agar memberikan arahan secara jelas dan tegas kepada anggotanya yang terkait dengan SOP cara bertindak dan sasaran operasi yang telah ditentukan laksanakan pengawasan dan pengendalian personil di lapangan secara berkesinambungan untuk menghindari pelanggaran,Seluruh personil yang terlibat agar menguasai dan melaksanakan sop cara bertindak dan sasaran operasi yang telah ditentukan hindari sifat Arogan kedepankan tindakan simpatik dan Humanis kepada masyarakat,Tidak ada tindakan pungli maupun pemerasan kepada masyarakat ,kedepankan teknologi (ETLE) dalam tindakan gakkum lantas,Laksanakan Anev secara rutin setelah pelaksanaan kegiatan untuk mengatasi kendala maupun permasalahan di lapangan,Bangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan unsur stakeholder terkait apabila terdapat permasalahan segera laporkan kepada pimpinan secara berjenjang,” ujarnya.

 

“Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan apel gelar pasukan ini Semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara,” pungkas Kapolres Dewa Juliana.

 

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Agung 2022 selesai pukul 09.00 Wita dapat berlangsung dengan aman dan lancar, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas pendukung pelaksanaan Ops Zebra Agung 2022 oleh Kapolres Jembrana didampingi oleh para tamu undangan serta PJU Polres Jembrana. Sw

 

(Hms Jbr)