Kapolsek Cikakak Bantu Evakuasi 2 Orang Diduga Alami ODGJ

Peristiwa246 Dilihat

Prabunews.com — Kapolsek Cikakak Iptu Didik Sucipto, mendampingi tim Yayasan Aura Welas Asih Patuguran Palabuhanratu melaksanakan pengecekan dan evakuasi terhadap 2 Orang yang diduga mengalami gangguan jiwa (ODGJ), Senin (27/03).

Dikdik menerangkan, Identitas ODGJ berinisial M (45 Th) beralamat di Kampung Cilarangan, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi dan B (38 ), Alamat Kp. Cilarangan, Rt. 004/007, Ds. Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

” Saudara M diduga mengalami gangguan jiwa (ODGJ) sekitar mulai tahun 2015 dan sudah beberapa kali dilakukan upaya pengobatan di rumah sakit Marjuki Mahdi (Bogor), Yayasan Aura Welasasih Palabuhanratu dan pengobatan Rutin oleh Puskesmas Cikakak namun yang bersangkutan tidak kunjung sembuh,” ungkap Dikdik kepada awak media.

Berdasarkan keterangan Puskesmas Cikakak, pada tahun 2021 pihak keluarga menolak untuk dilakukan pengobatan kembali. Sebab, setiap kali dilakukan upaya pengobatan tidak ada reaksi sembuh.

“Berhubung yang bersangkutan sering ngamuk sehingga membuat resah dan ketakutan warga sekitar, sehingga yang bersangkutan dikurung (dikerangkeng) menggunakan tralis besi,” sambungnya

Sementara saudara B diduga mengalami gangguan jiwa (ODGJ) sekitar tahun 2020 dan sudah beberapa kali dilakukan upaya pengobatan namun tetep tidak sembuh.

Sehingga, dilakukan pengurungan di kotak bentuk rumah kecil berbahankan kayu. Yang bersangkutan biasanya akan mengamuk apabila tidak dilakukan tindakan tersebut.

Selain itu, yang bersangkutan juga sering keluyuran sehingga menimbulkan kecemasan pihak keluarga serta warga sekitar.

Turut hadir dalam kegiatan evakuasi, Kepala Desa Margalaksana Habib Pahmi, Anggota Satbimmas Polres Sukabumi Aiptu Didi Supardi, Kanit Intelkam Polsek Cikakak Aipda Agus B, Babinkamtibmas Desa. Margalaksana Bripka Andi dan Tim Nakes Puskesmas Cikakak serta dari Yayasan Welasasih Palabuhanratu

Ditempat terpisah, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan, membenarkan dengan apa yang dilakukannya anak buahnya Kapolsek Cikakak.

“Semua dilakukan berdasarkan rasa kemanusiaan serta tentunya nanti diharapkan dapat diobati kembali,” tutup Aah