Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota PPS

NEWS1463 Dilihat

 

Jembrana,Prabunews.com- Bertempat di Wantilan Pura Jagatnatha Jembrana, Kel. Dauhwaru, Kec./Kab. Jembrana, Selasa (24/1/2023) pukul 09.45 Wita, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. menghadiri kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada pemilihan umum tahun 2024 se-Kab. Jembrana oleh Ketua KPU Kab. Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, S.T.

 

Turut hadir dalam giat tersebut diantaranya Bupati Jembrana, Ketua DPRD Kab. Jembrana, Dandim 1617/Jembrana diwakili oleh Kasdim 1617/Jembrana, Kajari Jembrana diwakili oleh Kasubsi Intel Kejari Jembarana, Ketua Pengadilan Negeri Negara diwakili oleh Waki Ketua Pengadilan Negeri Negara, Ketua KPU Provinsi Bali diwakili oleh Divisi Data KPU Prov. Bali, Ketua KPU Kab. Jembrana, Ketua Bawaslu Kab. Jembrana, Kaban Kesbang Pol Kab. Jembrana diwakili Kabid Poldagri dan Ormas, Kabag Ops Polres Jembrana, Kasat Intelkam Polres Jembrana, Camat se-Kabupaten Jembrana, Ketua PPK se-Kab. Jembrana beserta anggota, Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kab. Jembrana yang dilantik sebanyak 153 orang, dan para Rohaniawan masing-masing Agama, dengan jumlah keseluruhan yang hadir kurang lebih 200 orang.

google.com, pub-1005788564829701, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa, kemudian pembacaan surat keputusan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jembrana Nomor : 16 Tahun 2023 tentang penetapan dan pengangkatan PPS pada pemilihan umum tahun 2024 oleh Kasubag Hukum KPU Kab. Jembrana I Komang Giri, S.H., kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada pemilihan umum tahun 2024 oleh Ketua KPU Kab. Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, S.T. dan dilanjutkan dengan penandatanganan pengambilan sumpah oleh saksi, lanjut dengan penandatanganan integritas oleh perwakilan PPS dan pembacaan kata-kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jembrana untuk Pemilihan Umum tahun 2024.

Kemudian sambutan dari Ketua KPU Provinsi Bali yang dibacakan oleh Divisi Data KPU Prov. Bali I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, S.T., M.H. menyampaikan bahwa Panitia Pemungutan Suara mempunyai peranan yang sangat strategis dalam fungsinya sebagai pelaksana teknis dalam melaksanakan seluruh kebijakan pada penyelenggaraan tahapan Pemilu serta 2024 di tingkat Desa/Kelurahan harus mampu menyikapi dengan arif dan tegas segala kewajiban yang dibebankan kepada panitia pemungutan suara dalam menjalankan tugas.

“Sehubungan berpacunya kita dengan waktu kami berharap kepada Bapak/Ibu anggota panitia pengendara yang baru dilantik untuk secepatnya menetapkan struktur organisasi panitia pemungutan suara serta berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah kerjanya masing-masing sehingga nanti secara cepat sudah mampu menyusun program kerja atau kegiatan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pemilu selanjutnya dan saya mengucapkan selamat kepada Bapak Ibu anggota panitia pemungutan suara yang baru saja dilantik semoga kita mampu menemukan amanah ini dan mampu mewujudkan pemilu yang sukses jujur adil dan damai,” kata Divisi Data KPU Prov. Bali I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, S.T., M.H.

 

Kemudian Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H. dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang baru saja dilantik dan diambil sumpah/janjinya saudara nantinya mempunyai tugas yang sangat penting dalam mengawal seluruh rangkaian proses Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

 

“Bangunlah tim work yang solid, dan cermati regulasi yang mengatur pelaksanaan Pemilu, jangan sampai dalam tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum terjadi pelanggaran hukum yang akan dapat mencederai kehormatan demokrasi itu sendiri,” pesan Kapolres.

 

“Kepada Pengurus Seluruh Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah dilantik saya ucapkan selamat bekerja, bangunlah selalu koordinasi yang baik dengan para stakeholder yang ada, agar mampu melaksanakan Pemilu dengan menjunjung prinsip: Mandiri, Jujur, Adil, Berkepastian Hukum, Tertib, Terbuka, Proporsional, Profesional, Akuntabel, Efektif dan Efisien,” sambungnya.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada PPS yang sudah dilantik yang diawali oleh Bupati Jembrana dan para tamu undangan lainnya.

 

(Hms Jbr)