Penjelasan Disdagin Bandung Soal Minyakita Langka

Lokal, Ekonomi240 Dilihat

Prabunews.com – Minyak goreng milik pemerintah yang diluncurkan tahun lalu, Minyakita mendadak langka di sejumlah daerah, termasuk di Kota Bandung.

produk minyak goreng yang diinisiasi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) itu memang diminati masyarakat.

Di samping dengan harganya yang murah, minyaknya pun jernih dan dikemas dengan rapi menggunakan botol.

Penjelasan Disdagin Kota Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung diketahui telah berkoordinasi dengan distributor Minyakita terkait fenomena kelangkaan ini.

Disdagin Kota Bandung juga telah mendatangi distributor Minyakita di antaranya Indomarco, CV Bagus dan Panca. Hasilnya, memang ada pengurangan pasokan dari produsennya.

Sebelumnya, Indomarco mendapat pasokan Minyakita dari produsen PT Bina Karya Prima sebanyak 1,5 juta liter untuk wilayah Bandung Raya.

Namun pada Desember 2022 turun menjadi 800.000 liter. Kemudian turun kembali pada Januari 2023 menjadi hanya 300.000 liter.

“Pasokan hanya 20 persen dari normalnya. Itu yang terjadi, tapi masih berjalan. Hanya jauh berkurang (pasokan),” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, Kamis (2/2).

Elly menyebut bahwa pengiriman normal biasanya sejumlah 2.200 karton. Namun saat ini jauh berkurang.

“Normalnya itu 2.200 karton untuk Kota Bandung setiap kali pengiriman. Ini dibagi 15 stok poin, dipastikan Minyakita ini jauh berkurang,” ujarnya.

Sedangkan CV Bagus dan Panca, sudah tidak mendapatkan stok minyak sejak Januari 2023.

Menurutnya, minyak curah bermerk Minyakita ini memang diminati masyarakat. Pasalnya kemasan rapi menggunakan botol juga warna yang jernih.

“Minyakita diserbu itu karena memang dikemas rapi, menggunakan botol terus warna jernih. Minyak ini banyak diminati sehingga warga memilih membeli minyak curah Minyakita,” bebernya.

Elly memastikan, stok minyak goreng di Kota Bandung aman.

“Perlu kami luruskan ketersediaan stok kebutuhan barang pokok aman tersedia. Ketersediaan untuk minyak premium dan minyak curah yang menggunakan plastik dan pakai karet, itu tersedia,” katanya.