Sukses !! Sumba fun run Charity for Conservation 2023

NEWS578 Dilihat

 

Sumba Barat,Prabunews.com-Kegiatan “Sumba fun run Charity for Conservation 2023” dilaksanakan pada Sabtu 18 maret 2023 di Perbukitan Lamboya Desa Sodana Kecamatan Lamboya Kabupaten Sumba Barat. Dengan Panjang Lintasan untuk Lari lintas Alam sepanjang 10Km yang diikuti oleh Pelajar dan Umum. Kegiatan ini dibuka di Pintu Start oleh Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Bapak John Lado B. Kabba S.Pd. bersama District Governer 3420 Lina Soeratman. 

“Sumba fun run Charity for Conservation 2023” ini diinisiasi oleh PP. Rita Isdiantini dari Rotary Club Bandung Kota Kembang, Fasilitator Kegiatan Bapak Melkianus L.U Lage Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat dan President Norce Sattu Rotary Club Sumba Tambolaka sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan.

Tujuan Kegiatan ini adalah “ Sumba Fun Run Charity for Conservation: Universe Reunion ” , yakni lari lintas alam dipadukan dengan penanaman pohon. Model olahraga eksploratif dan fun dipilih melihat kesesuaian dengan trend untuk menggali lebih banyak keterlibatan orang muda. Program Rotary menjalankan misi dalam 7 area focus berupa kegiatan “penghijauan” yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat yaitu Dinas Lingkungan hidup. 

 

Pada kegiatan Penanaman pohon dengan lari lintas alam ini peserta dapat menikmati lari lintas alam sekaligus menikmati udara dan view perbukitan lamboya yang eksotik, dengan harapan dapat memperkenalkan event dan destinasi wisata dengan konsep baru di Kabupaten Sumba Barat

Keterlibatan Rotary dalam kegiatan ini merupakan Join Program antara Rotary Bandung Kota Kembang (RCBKK) dan Rotary Club Sumba Tambolaka untuk membantu Pemerintah dalam penghijauan, sumbangan pohon yang terkumpul sejumlah 2604 Pohon. 

google.com, pub-1005788564829701, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Untuk Penyiapan Pohon yang diadopsi dan ditanam pada event kali ini pengadaan bibitnya dibantu oleh Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BP-DAS) Anakalang Pembibitan Wairasa. Jumlah dan Jenis anakan pohon yang ditanam serta penyedia bibit :

Jenis Mente sebanyak 1975 anakan dan Flamboyan 25 anakan dari Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BP-DAS)

Jenis Mangga sebanyak 540 anakan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 

Jenis Nangka 34 Anakan, Duren 10 anakan, dan rambutan 30 anakan dari Kadis Lingkungan Hidup 

 

Peserta Fun Run kali ini diikuti Peserta sebanyak 403 peserta yang terdiri dari :

Umum sebanyak 244 peserta 

Siswa dari berbagai Sekolah sebanyak 159 peserta 

 

Untuk mensukseskan kegiatan ini kami mendapatkan support dari partner dan sponsor yaitu 

Rotary D.3410 dan Rotary D.3420, Dinas Lingkungan Hidup, Nihi Resort Sumba, Escape to Sumba, Bank NTT Cabang Sumba Barat, Bank BRI Cabang Sumba Barat, Umma Kaba, Dayene cafe Jakarta

New Living Salon & Spa, Humba Hamu, Warna Warni Waikabubak, Dapur Sumba Resto, Partner dan Sponsor lainnya

Kami berterimakasih pada semua tim yang mendukung kegiatan ini yaitu masyarakat dan perangkat Desa Sodana serta perangkat Kecamatan Lamboya, Dinas Lingkungan Hidup dan Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat serta DPRD Kabupaten Sumba Barat, Semua Sponsor, Adopter dari Member Rotary D.3420, D.3410 dan penyumbang Umum yang peduli pada Konservasi Lingkungan, Penyedia bibit yaitu BP-DAS, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat. 

Harapan kami semoga event ini akan menjadi pembangkit kegiatan lingkungan hidup, olahraga dan pariwisata di Kabupaten Sumba Barat.