Agus Hadikarta Menyoalisasikan Gerakan Donor Darah Melalui Ngontel Kemanusiaan

Prabu PROGRAM, NEWS406 Dilihat

Bandung, Prabunews.com – Kegiatan bersepeda bukan hanya sekedar berlabel olah raga namun bagi sebagian orang bersepeda lebih dari sekedar mengayuhkan putaran pedal.

Sama seperti halnya yang dilakukan oleh seorang Agus Hadikarta, seorang ontelis kota Bandung.Baginya bersepeda ontel selain berolah raga tetapi menjadi bagian dari pengabdian sosial kemanusiaanya.

Melalui Tema Ngontel Kemanusiaan dirinya rela menempuh ratusan bahkan ribuan kilometer untuk menyoalisasikan kegiatan gerakan Donor Darah dengan mengajak masyarakat untuk mau menjadi relawan pendonor darah bagi kemanuasiaan dan bagian dari upaya hidup sehat.

Di usianya yang tidak muda lagi (60th) pensiunan Dinas Perhubungan (Dishub) pernah beberapa kali melakukan kegiatan Ngontel kemanusiaan diantaranya perjalananan ngontel Bandung-Depok-Jakarta-Bandung (Juli 2019), Bandung-Pangandaran (Oktober 2019), Bandung-Surakarta yang dilaksanakan dalam rangka Hari PMI Nasional ke-75 pada tanggal 8-17 September 2020.

Agus Hadikarta mengatakan bahwa Ngontel kemanuasiaan ini sudah menjadi bagian dari panggilan hati untuk belajar berbagi, selain sosialisasi dan edukasi melalui sepeda dirinya pun sudah menjadi Relawan Pendonor darah sudah 17 tahun dan sudah mendonorkan darah sebanyak 121 kali.

Dalam kenyataannya tidak semua kalangan masyarakat menerima gerakan edukasi dan sosialisasi dwngan baik bahkan ada Unit Transpusi Darah ( UTD ) yang melakukan hal serupa dalam artian tidak menerima kehadiran dirinya sebagai relawan dengan baik, ungkap Agus.

(Kang Amat)