Aksi SEKBER BBC Peduli Covid – 19 Masih Berlanjut

Prabu PROGRAM, SOSIAL335 Dilihat

Bandung, Prabunews.com – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) telah menjadi isu kesehatan global yang berimbas kesemua lini kehidupan masyarakat, kehilangan mata pencaharian karena perusahaan tempat bekerja tidak bisa berjalan, bertambahnya angka pengangguran dan kemiskinan.

Angka yang diawasi, di isolasi dan positif terjangkit covid – 19, serta yang sembuh dan yang meninggal dunia setiap hari angkanya selalu berubah. Aktifitas pendidikan juga tersendat, sehingga belajar mengajar dilakukan dengan sistem teknologi jarak jauh (media social).

Kebutuhan sehari-hari juga tidak bisa diliburkan dan pemerintah juga berupaya melalui kegiatan program bantuan sosialnya, serta masyarakat yang terdampak  umumnya berharap harap cemas realisasi janji bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah.

“ Realisasi bantuan tersebut, juga dinantikan oleh jajaran medis yang menjadi pasukan kemanusiaan terdepan disituasi pandemic yang mendunia ini,” ujar salah salah seorang dari 5 Sekjen SEKBER BBC 4 EVER, H.Dida Djuanda, di Bandung, Selasa (28/4/2020).

google.com, pub-1005788564829701, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Menurut Sekjen Sekertariat Bersama Buah Batu Corps ( SEKBER BBC), H.Dida Djuanda, memperhatikan kondisi dan perkembangan dampak pandemic Covid – 19 di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, 22 small group yang ada di SEKBER BBC 4 EVER memiliki rasa peduli terhadap kondisi saat ini.

Kepeduliannya direalisasikan dengan bakti social, yang dimotori Rd.Usep Sukandar SE, yang lebih dikenal Kang Udong (Phantom) dan Iwan Rukwanda DS, yang akrab disapa Iwan Kumis (Bachelors).

Aksi sosial tersebut juga menggandeng Ormas BBC DPD Kota Bandung, Laskar DPP Ormas BBC dan Paspam DPP Ormas BBC. Pelaksanaan kegiatan nya dari mulai diterapkannya social physical distancing sampai Senin 27 – 4 – 2020 (masa PSBB), yang diawali dengan penyemprotan disinfektan diwilayah kelurahan Malabar dan Burangrang Kecamatan Lengkong.

Kemudian aksi sosial yang kedua adalah memberikan bantuan 30 Alat Pelindung Dini (APD), 6 pak masker isi 50 pc, 4 lusin sabun antiseptic, Hand Sanitezer dan Sarung Tangan kebeberapa Puskesmas di Kota Bandung, diantaranya  puskesmas yang berada diwilayah Kecamatan Rancasari, UPT Puskesmas Kujangsari Jalan Terusan Buah Batu Kecamatan Bandung Kidul dan Puskesmas Sukapakir, serta Puskesmas Citarip di Kecamatan Bojong Loa Kaler. “ Untuk bakti social yang kedua ini bekerjasama dengan LSM Pecinta Lingkungan Jabar (PELIJA), dengan Direktur Eksekutifnya Ir.H.MQ Iswara “ ujar Dida.

Kemudian Bakti Sosial SEKBER BBC Peduli Covid – 19 dijelaskan H.Dida Djuanda adalah membagikan 450 paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemic Covid – 19. Penyebaran paket tersebut dilakukan dibeberapa titik di Kota Bandung, di perbatasan Kota dan Kabupaten Bandung, serta didaerah Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Penerima paket sembako tersebut diantaranya anak yatim piatu yang berada diluar panti asuhan, orang tua jompo diluar rumah jompo,keluarga miskin dan korban banjir, serta tukang becak di pasir pogor dan disebagian margahayu raya.

Paket sembako Sekber BBC Peduli Covid – 19 antara lain berisi 5 kg beras, 1lt minyak goreng, mie instan dan sirop, serta paket sembako tanpa beras. “ Karena telah diberlakukannya Pengawasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penyebaran paket sembakonya dilakukan door to door (langsung kerumah rumah) dengan melibatkan jajaran Ormas BBC DPD Kota Bandung, Paspam DPD dan PASPAM DPP Ormas BBC, serta Laskar DPP Ormas BBC “, jelas Kang Udong.

Dijelaskan Kang Udong, upaya memutus penyebarannya Covid – 19 ini harus dilakukan bersama-sama dan bergotong royong. Dimasa PSBB ini, disiplin diri sangat penting, kemudian menjaga kesehatan dan kebersihan sesuai standar WHO, mematuhi ketentuan dan peraturan yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka memutus penyebaran Covid – 19, seperti tidak mudik, tidak keluar rumah apabila tidak penting, tidak melakukan dan mengikuti kegiatan yang melibatkan orang banyak, jaga jarak dan selalu menggunakan masker apabila keluar rumah, setelah keluar rumah sebelum bertemu keluarga, pakaian yang telah dipakai langsung dimasukan ketempat cucian berisi air detergent (Sabun cuci), selalu cuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, serta sering minum air putih hangat, minum vitamin, buah buahan dan berjemur.

“ SEKBER BBC Peduli Covid – 19 ini, masih akan terus berlanjut dan bagi masyarakat maupun rekan-rekan dilingkungan BBC yang berkenan sedikit beramal membantu meringankan saudara-saudara kita yang terdampak pandemic covid – 19, bisa menghubungi  0813-9553-7376 atau transfer melalui bjb di nomer rekening : 0073 309 999 101,” jelas Kang Udong. (Mz)