Bye-Bye Make Up Cakey! Sebuah Tips Agar Make Up Tidak Seperti Dempul

ARTIKEL, LIFE STYLE902 Dilihat

Jika anda seorang make up addict atau pemula, anda pasti tahu bahwa bagian terpenting dari sebuah make up adalah foundation. Pemilihan foundation sangat penting untuk mendapatkan hasil make up yang sempurna. Apalagi jika anda menggunakan make up untuk acara outdoor, suhu yang panas bisa membuat anda berkeringat dan bisa merusak make up anda.

Cake-face adalah istilah yang digunakan dalam industri maek up, ketika anda memakai bedak, foundation, atau concealer yang tidak menempel sempurna di kulit sehingga make up terlihat tidak rata, tidak natural, cenderung tebal seperti dempul. Agar permasalahan tersebut tidak terjadi, anda wajib mengetahui cara mengaplikasikan foundation dengan benar.

Berikut langkah-langkah sederhana yang harus anda ikuti saat mengaplikasikan foundation untuk mencegah hasil make up yang cakey.

  • Hidrasi Adalah kunci

Ya! Kelembaban merupakan kunci utama. Sebagus apapun foundation yang anda pakai, make up anda tidak akan terlihat maksimal jika anda tida menghidrasi kulit anda. Kulit yang terhidrasi dan ternutrisi adalah sebuah kunci untuk mendapatkan tampilan make up yang sempurna. Untuk itu, gunakanlah skin care atau make up yang dapat  menghidrasi kulit

  • Pilih Foundation Yang Ringan Atau Sedang

Foundation dengan coverage tinggi berpengaruh pada pigmen kulit. Jika tidak digunakan dengan benar, foundation bisa terasa berat di kulit dan akan membuat foundation terlihat seperti kue dan tidak merata pada kulit anda. Maka dari itu, carilah foundation dengan coverage yang ringan atau sedang

  • Gunakan Beauty Blender  Saat  Mengaplikasikan Foundation

Jika anda pemula dan bingung soal cara pengaplikasian foundation, beauty blender merupakan tools yang tepat. Beauty blender yang sudah  dibasahi dapat menyerap semua foundation berlebih dan meninggalkan lapisan foundation yang tipis dan ringan di wajah anda.

  • Gunakan Bedak Secukupnya

Penyebab paling umum dari make up yang cakey adalah penggunaan bedak yang berlebih. Baik anda menggunakan bedak padat atau bedak tabur, perhatikan seberapa banyak anda mengaplikasikannya. Orang dengan kulit berminyak cenderung berlebihan dengan bedak,  karena mereka percaya bahwa bedak membantu mereka menyerap semua minyak yang berlebih dan menjaga kulit mereka terlihat matte sepanjang hari. Faktanya, penggunaan bedak yang terlalu banyak, membuat bedak tersebut menumpuk di kulit anda dan membuat make up anda terlihat tidak merata.

  • Set Make Up Dengan Setting Spray

Ketika make up sudah jadi, jangan lupa untuk menyemprotkan setting spray ke wajah anda. Setting spray tidak hanya membantu menjaga make up  tahan lama, tetapi dapat menyatukan make up di wajah anda. Dengan begitu, make jadi terlihat natural dan seperti kulit asli anda.