Diterima Menpora Amali, Tim Pakar Paparkan Potensi Indonesia Kehilangan 37 Medali Emas di SEA Games Kamboja 2023

OLAHRAGA, NEWS459 Dilihat

Prabunews.com – Persiapan Indonesia menghadapi SEA Games Kamboja tahun 2023 terus mendapat perhatian dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali. Hari Rabu (30/11) sore, Menpora Amali menerima tim pakar untuk membahas evaluasi persiapan Indonesia menghadapi SEA Games Kamboja di Lantai 10, Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Pada rapat tersebut, salah satu Anggota Tim Pakar, Del Asri menyampaikan paparan terkait kondisi dan peluang Indonesia menghadapi SEA Games 2023 Kamboja nanti. Menurutnya, potensi perolehan medali Indonesia di SEA Games 2023 akan berkurang dibandingkan SEA Games 2021 yang diselanggarakan tahun 2022 Vietnam lalu. Hal itu disebabkan karena banyak beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di Vietnam tidak dipertandingkan di Kamboja.

Dari data paparan yang disampaikan ke Menpora, Indonesia akan kehilangan 37 potensi medali emas di SEA Games 2023 Kamboja nanti. Hal itu disebabkan 32 emas dari 6 cabang olahraga yakni, Panahan (5 emas), Canoe/Kayak (6 emas), Rowing (8 emas), Menembak (8 emas), Bowling (2 emas), dan Catur (3 emas) tidak akan dipertandingkan.

Ditambah lagi 5 emas dari eventnya tidak dipertandingkan seperti Senam dari nomor Women Individual All Round dan Womens Floor Eccercise), E Sport (Free Fire), Sepeda dari nomor Womens Bike Doewnhill Individual dan Womens Road Individual Time Trial.

“Terima kasih sebelumnya atas waktu untuk memaparkan kepada Pak Menteri. Peluang kita menghadapi SEA Games Kamboja tahun depan memang butuh kerja keras, karena kita akan kehilangan 37 medali emas dari beberapa cabang olahraga yang tidak dipertandingkan,” kata Del Asri.

Menanggapi kondisi tersebut menpora Amali menyampaikan untuk menghadapi SEA Games Kamboja nanti kita butuh kerja keras. “Saya ingin tahu perkembangan terakhir tentang persiapan Indonesia menghadapi SEA Games 2023 Kamboja. Kita tahu bahwa, kita harus berusaha keras untuk melakukan yang terbaik untuk mengharumkan Indonesia,” kata Menpora Amali.

Sementara Ketua Tim Pakar, Asmawi melalui virtual menjelaskan bahwa, beberapa cabor sudah mulai melakukan pelatnas dan sudah ada yang melakukan uji coba seperti renang dan atletik. “Alhamdulilah renang sudah melakukan uji coba dan hasilnya bagus. Itu adalah atlet-atlet muda kita yang bisa menjadi andalan untuk mendapatkan medali di SEA Games 2023 Kamboja nanti,” katanya***