Prabunews.comPernahkah kalian bertanya-tanya, kenapa bumbu yang diulek itu rasanya lebih enak ketimbang bumbu yang di blender? Sebagian orang mungkin merasa itu hanyalah mitos belaka, tapi ternyata itu bukan sekedar mitos loh!

Menurut sebuah Pakar Gastronomi sekaligus Tim Kosmopolis Rempah UGM, Murdijati Gardjito, mengatakan bahwa bumbu atau rempah yang diulek akan meberikan luka yang berbeda pada jaringan rempah yang digunakan.

Perbedaan  perlukaan jaringan itu kemudian menimbulkan aktivitas senyawa dalam sel rempah yang juga berbeda. Hal tersebut  mengakibatkan perbedaan reaksi pada bahan-bahan yang diolah.

Mengulek secara manual akan memberikan tekanan yang tidak terlalu besar, sehingga aroma rempahnya tidak akan hilang. Sementara ketika di blender, bumbu akan sangat halus karena menggunakan pisau yang tajam juga kecepatan yang tinggi. Cara penghalusan rempah yang seperti itu dapat menghilangkan atau mengubah banyak karakter dari rempah.

Selain itu, proses mengulek  yang lebih lama jika dibandingkan memakai blender akan membuat minyak alami dalam rempah keluar, sehingga aroma dan rasanya akan lebih optimal. Jadi itulah mengapa bumbu masakan yang di proses dengan cara diulek rasanya akan lebih enak daripada yang diblender .

Dan sepertinya, makanan apapun itu jika dipsroses dengan tangan manusia atau secara tradisional rasanya akan jauh lebih enak daripada yang diolah menggunakan alat yang instan.