Menuju Bandung Caang Baranang

NEWS, Daily REPORT795 Dilihat

Prabunews.com – Guna meningkatkan infrastruktur kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung  membuat  program Bandung Caang Baranang.

Untuk mewujudkannya Pemkot Bandung telah menambah anggaran untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) sejumlah Rp55 miliar. Nilai tersebut naik dari anggaran tahun 2021 yang mencapai Rp30 miliar.

“Dengan Bandung Caang masyarakat akan lebih aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas nya baik itu ekonomi” ujar Kepala Bidang Kabid Sarana dan prasarana Dinas Perhubungan Kota Bandung, Panji Krismandikata, Rabu (7/9)

Saat ini, Kota Bandung mempunyai sekitar 46.000 PJU. Dari jumlah itu, ada sekitar 2.000 PJU yang dalam kondisi tidak menyala. Adapun kendalanya yaitu banyak PJU yang terhalang pohon.

Maka dari itu, pihak Dishub Kota Bandung berkoordinasi dengan DPKP untuk memangkas ranting dan dahan pohon yang menghalangi jangkauan cahaya PJU

Ia mengatakan, melalui program Bandung Caang Baranang ini ditargetkan seluruh PJU dapat menyala secara maksimal. Pemkot juga akan mengusahakan secara bertahap mengganti PJU dengan lampu LED yang hemat energi.

“Nantinya bertahap ganti dengan LED secara energi lebih rendah, efeknya lebih rendah. Program kompensasi nasional dengan mendukung program hemat energi nasional,” terangnya

Dalam melaksanakan program tersebut, Dishub Kota Bandung pun dibantu pihak kewilayahan. Ia pun mengaku telah membentuk tim yang akan diturunkan sebagai koordinator.

“Dishub tidak bisa bekerja sendiri. Kita sudah silaturahmi dengan seluruh camat tentang Bandung Caang Baranang. Kita punya 8 regu, semua sudah disebar ke wilayah. Apabila ada kendala bisa menghubungi mereka,” ujarnya.

Ia berharap ada kolaborasi seluruh stakeholder dan elemen masyarakat untuk mensukseskan program tersebut.

Untuk diketahui, di Kota Bandung terdapat 17 ruas jalan nasional, 48 ruas jalan provinsi dan 3185 ruas jalan Kota. Status itu juga berkaitan dengan kewenangan pengelolaan jalan***

 

Sumber: bandung.go