Pemerintah Kabupaten Subang Akan Bantu Proses Pembebasan Lahan pembangunan Bendungan Sadawarna, Zulkifly Chaniago: Saya Sangat Mengapresiasi

NEWS300 Dilihat

Prabunews.com – Pemerintah Kabupaten Subang akan membantu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dalam proses pembebasan lahan pembangunan Bendungan Sadawarna.

Bupati Subang, Ruhimat, mengatakan pihaknya akan membantu proses pembebasan lahan karena urusan pergantian lahan harus sudah selesai sebelum proses pembangunan.

“Secepatnya kita selesaikan, apalagi ini yang menyangkut tanah milik masyarakat, tanah desa dan tanah wakaf. Itu akan berpotensi bermasalah jika tidak segera diselesaikan,” ujar Ruhimat, Minggu (20/2)

Langkah yang pemerintah Subang ambil itu mendapat dukungan dari Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat daerah pemilihan Kabupaten Subang, Majalengka dan Sumedang (SMS) H. Zulkifly Chaniago, BE

“Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Subang yang telah bersedia membantu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dalam proses pembebasan lahan pembangunan Bendungan Sadawarna”, Ujar Zulkifly, Senin (21/2)

Menurut Zulkifly, hingga saat ini, masih ada tanah yang belum dibebaskan untuk pembangunan bendungan tersebut

Sbegai informasi, Bendungan Sadawarna merupakan salah satu program strategis nasional di bidang Sumber Daya Air.

Bendungan ini akan mampu menampung 44,61 juta m3, untuk mensuplai irigasi seluas 4.500 hektare di Kabupaten Subang dan Indramayu.

Nantinya, Bendungan itu akan menyuplai persediaan air baku, dengan rencana irigasi seluas 2.517 hektare di Subang sehingga bisa menaikkan potensi panen

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun menargetkan pembangunan Bendungan Sadawarna selesai Agustus tahun ini.