Cimahi, Prabunews.com – Pemerintah Kota Cimahi mengikuti upacara Hari Guru Nasional 2020 secara virtual yang peringatannya jatuh pada Rabu (25/11/2020). Apresiasi diberikan kepada profesi guru yang masih mengajar meski ditengah pandemi covid-19.

Pelaksanaan upacara virtual digelar di Aula Gedung A Kompleks Pemerintah Kota Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Selain itu, jajaran sekolah juga mengikuti upacara virtual di lokasi sekolah masing-masing.

Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana menyatakan, pelaksanaan upacara virtual digelar sesuai petunjuk teknis dari Kementrian dan Kebudayaan RI.

“Pemkot Cimahi mengikuti upacara virtual yang digelar Kemendikbud. Sekolah juga mengikuti upacara tersebut di lokasi masing-masing dengan protokol kesehatan yang ketat karena Cimahi masih berstatus zona merah,” ujarnya.

Menurut Ngatiyana, disaat pandemi guru memiliki tugas berat. “Selain menghadapi covid, guru tetap harus bertugas mengajar dan bagaimana memastikan siswa bisa mengikuti pelajaran. Inilah salah satu pahlawan kita yang harus diapresiasi,” katanya.

Hal itu pula yang ditekankan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam upacara tersebut. “Gurulah sebenarnya pahlawan tanpa tanda jasa. Lanjutkan perjuangan mendidik demi masa depan anak-anak kita sebagai bagian dari pengabdian kepada bangsa dan negara,” ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi Harjono. “Sesuai pedoman Kemendikbud, daerah dengan status zona merah dan oranye agar mengikuti upacara secara virtual dan tidak menggelar sendiri dengan massa banyak. Kami sudah koordinasi dengan jajaran sekolah dari tingkat PAUD-TK-SD-SMP bahwa semua mengikuti upacara virtual Hari Guru Nasional,” ucapnya.

Guru pun berharap bisa segera menjalani proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. “Namun, masih harus memperhatikan variabel kesehatan karena situasi sedang covid-19,” tuturnya.

(Dadan Sambas)

By Redaksi

Integritas Digital Media