Penyuluhan HIV Dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Personil Polsek Dan Koramil Petang

NEWS2028 Dilihat

 

Petang,Prabunews.com – Kepolisian Sektor Petang melaksanakan apel bersama pada akhir tahun merupakan hasil Sinergitas TNI-POLRI yang dipimpin lansung oleh Kapolsek Petang AKP I Nyoman Budiasa, S.H., M.H., dalam rangka membangun kesehatan dan solidaritas TNI-POLRI akhir Tahun di Lapangan Apel Polsek Petang. Rabu (14/12/2022) pagi waktu setempat. 

Tampak hadir dalam kegiatan apel tersebut yaitu 11 personil Polsek Petang, 3 personil Koramil Petang, dan 13 personil tenaga medis Puskesman Petang I.

google.com, pub-1005788564829701, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Adapun maksud dan tujuan Apel tersebut adalah dalam rangka penyuluhan HIV dan pemeriksaan kesehatan bagi personil Polsek dan Koramil Petang untuk persiapan pengamanan menghadapi jelang pergantian tahun 2022 ke tahun 2023.

Puskesmas I Petang selaku pihak tenaga medis yang ikut serta dalam apel tersebut sekaligus memberikan atau memaparkan/menyuluh maupun pemeriksaan kesehatan terhadap personil TNI-POLRI. 

Adapun penyuluhan kali ini tentang penularan dan penyebaran HIV. 

HIV adalah sekumpulan gejala infeksi yang ditimbulkan karena rusaknya sistem kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh infeksi virus yang menyebabkan kekurangan imun.

Bagi pengidap HIV – HIV+ secara mata telanjang tak ada perubahan dalam fisiknya kalau tanpa dites, apakah ia terdapat atau tidaknya, dan untuk tesnya harus dilakukan dua kali dalam selagi waktu 6 bulan berikutnya kalau hasil tes pertama negatif.  

HIV adalah penyebab dasar dari AIDS dengan cara penyebarannya melalui hubungan seksual baik itu secara anal, oral, dan vagina yang tak terlindungi atau tanpa pengaman (tanpa kondom) dengan orang yang telah terinfeksi HIV. Bisa juga tertular dengan jarum suntik atau jarum tato yang dipakai bergantian tidak steril.

Transfusi darah juga salah satu penyebab tertularnya, karena darah yang ditransfusikan adalah mengandung virus HIV. Dan juga seorang ibu penderita HIV positif ketika mengandung bayi dalam kandungan saat melahirkan bayi dan atau saat menyusui bayi melalui air susu ibu (ASI).

Dalam kesempatan yang sama diacara tersebut, Kapolsek Petang mengatakan bahwa, “Apel ini adalah rutinitas tahunan setiap menjelang tahun baru yang melibatkan tenaga medis, pelaksanaannya khusus bagi personil baik itu dari Polsek maupun dari Koramil untuk mendapatkan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan dalam menghadapi pergantian tahun 2022 ke tahun baru 2023, dan tema kali ini tentang penularan HIV adalah penyebab dasar dari Aids,” kata AKP I Nyoman Budiasa, S.H., M.H., sekaligus menutup kegiatan tersebut.

 

(JesPutra)