Doc: Instagram

Prabunews.com-Setelah kian lama menanti, Instagram sekarang memperbolehkan pengguna untuk upload foto dan video lewat browser di PC atau Mac. Fitur ini sudah aktif secara global sejak 21 Oktober kemarin, termasuk di Indonesia.


Sebelum fitur ini ada, pengguna Instagram yang ingin mengunggah foto atau video dari komputer atau laptop harus mengoprek developers tool di browser terlebih dahulu. Cara ini tentu sangat rumit jika dibandingkan dengan proses upload di aplikasi ponsel.

Dengan adanya fitur ini, tentu akan sangat membantu pekerja kreatif yang banyak bekerja di depan komputer, seperti fotografer dan kreator konten. Kini mereka bisa langsung mengunggah konten buatannya yang telah diedit di komputer lewat browser, tanpa harus susah-susah memindahkannya ke ponsel.

Tanpa berpanjang-panjang lagi, berikut ini cara upload foto dan video di Instagram lewat browser di PC:

  • Buka situs instagram.com lalu login menggunakan akun kalian.
  • Klik ikon + yang ada di pojok kanan atas. Ikon ini diapit oleh tombol direct messages dan explore.
  • Kalian akan dihadapkan dengan jendela untuk membuat postingan baru. Klik Select from Computer untuk memilih foto atau video secara manual di File Explorer. Kalau foto atau video sudah terbuka di File Explorer, kalian juga bisa drag and drop langsung ke browser.
  • Setelah memilih foto atau video kalian akan melihat halaman editor. Di bagian ini, kalian bisa memilih untuk crop atau zoom foto sesuai keinginan dengan klik satu di antara dua tombol yang ada di pojok kiri bawah.
  • Kalian juga bisa menambahkan foto atau video dengan klik ikon yang ada di pojok kanan bawah, lalu klik ikon + dan pilih foto kedua yang akan diunggah. Setelah selesai klik Next.
  • Selanjutnya kalian bisa menambahkan filter menggunakan beberapa opsi yang ditawarkan oleh Instagram.
  • Kalian juga bisa mengedit foto lebih jauh menggunakan opsi Adjustments yang ada, misalnya mengatur tingkat kecerahan, kontras, temperatur, dan lain-lain. Jika sudah selesai, klik Next.
  • Selanjutnya kalian bisa menuliskan caption dan menambahkan lokasi untuk foto atau video yang sudah diunggah. Kalian juga bisa men-tag pengguna lain dengan cara klik foto, lalu ketik nama akun yang hendak di-tag.
  • Setelah puas dengan hasil foto atau video yang sudah diedit, klik Share yang ada di pojok kanan atas. Foto atau video kalian akan langsung terpampang di feed Instagram.

Nah itu dia cara upload foto dan video di Instagram lewat browser. Perlu dicatat bahwa saat ini Instagram membatasi durasi video yang bisa diunggah lewat browser, yaitu di bawah satu menit.

Kalau kalian belum melihat opsi ini di akun Instagram kalian, jangan khawatir karena fitur ini digulirkan secara bertahap untuk semua pengguna. Jadi harap sabar menunggu ya.

(Febryan)