Jokowi Sebut Dunia Akan Gelap di Tahun 2023

ARTIKEL652 Dilihat

Prabunews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tahun 2023 mendatang diperkirakan akan mengalami masa ‘gelap’. Hal ini mengacu pada dampak dari berbagai macam konflik yang terjadi seperti krisis ekonomi, pangan, energi akibat pandemi Covid-19, hingga perang antara Rusia-Ukraina.

“Saya akan berbicara berbeda karena kita tahu sekarang ini memang dunia pada posisi yang tidak mudah, pada keadaan yang sangat sulit,” kata Jokowi saat memberikan ucapan sambutan dalam Silatnas dan Ultah ke 19 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8).

Prediksi tersebut, kata Jokowi, didapat setelah ia berkomunikasi dengan Sekretaris Jendral Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), International Monetary Fund (IMF), hingga pemimpin negara G7.

Ketika Jokowi bertanya “dunia ini mau ke mana?”. Mereka menjawab bahwa memang tahun ini dan kita semua akan sulit.

“Terus, kemudian seperti apa? Tahun depan akan gelap,” Jokowi melanjutkan.

Kondisi sulit yang saat ini dialami negara-negara dunia bahkan bisa lebih parah. Bank Dunia menyebut akan ada 66 negara yang diperkirakan akan ‘jatuh’ imbas kondisi ekonomi yang kian memburuk.

“Mereka detail mengalkulasi, apa yang dikhawatirkan betul-betul kita lihat dan sekarang ini 320 juta orang di dunia sudah berada pada posisi menderita kelaparan akut. Ini saya sampaikan apa adanya,” kata Jokowi.

Menurutnya, ramalan yang disampaikan sejumlah lembaga internasional hanya merujuk pada situasi dunia secara keseluruhan.

“Ini bukan Indonesia. Ini dunia. Hati-hati. Bukan Indonesia yang saya bicarakan tadi. Dunia. Semua negara pada keadaan yang tidak mudah,” terang Jokowi.