Memakai sunscreen atau tabir surya setiap hari, merupakan suatu hal yang wajib dan tidak boleh dilewatkan. Namun, apalah arti himbauan tersebut jika tidak dibarengi dengan alasan yang jelas?

Seperti yang kita tahu, sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit. Yang terparah, paparan sinar UV bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Nah, untuk itulah sunscreen diciptakan, ia membantu memproteksi kulit kita dari paparan sinar UV yang dapat membahayakan kulit.

Di bawah ini merupakan alasan pentingnya penggunaan sunscreen

  • Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Radiasi yang ditimbulkan oleh sinar matahari dapat menimbulkan adanya radikal bebas. Yang mana, partikel berbahaya tersebut bisa langsung masuk ke kulit dan memicu pertumbuhan kanker. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 71.943 orang didiagnosis dengan melanoma kulit pada tahun 2013, dan 9.394 dari kasus ini berakibat fatal. Dengan mengoleskan sunscreen setiap hari, kita dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit hingga setengahnya.

  • Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Kerusakan yang ditimbulkan dari paparan sinar matahari menyebabkan photoaging pada kulit, yang ditandai dengan tampilan kulit yang tebal dan kasar; perubahan warna; dan kerusakan kolagen, yang mengakibatkan timbulnya garis halus, kendur, dan kerutan. Studi menunjukkan bahwa mereka yang berusia di bawah 55 tahun memakai senscreen secara teratur memiliki peluang 24 persen lebih kecil mengalami tanda-tanda penuaan jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memakai sunscreen.

  • Membantu Menjaga Warna Kulit Tetap Merata

Penggunaan sunscreen membantu mencegah perubahan warna dan bintik hitam akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, sunscreen membantu kita dalam mempertahankan warna kulit yang lebih halus dan lebih merata.

Pemilihin SPF Dalam Sunscreen

Sun Protection Factor (SPF) merupakan angka yang mengacu pada level perlindungan terhadap sinar matahari. Penilaian SPF digunakan pemakainnya untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga kulit mulai terbakar dengan pengaplikasian sunscreen, dibandingkan dengan kulit yang tidak memakainya.

SPF bekerja dengan memperluas pertahanan alami kulit terhadap sinar matahari. Misalnya, SPF 15 memberikan perlindungan sekitar 15 kali lebih banyak daripada kulit normal kita tanpa tabir surya. SPF 50,  akan memberikan perlindungan 50 kali lebih banyak daripada kulit tanpa tabir surya.