Menag Usulkan Biaya Haji 2022 Rp 45 Juta

NEWS740 Dilihat

Prabunews.com –  Kementerian Agama mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) reguler 1443 Hijriah atau haji 2022 sebesar Rp45.053.368 per orang. Usulan biaya haji itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Rabu (16/2/2022).

Rincian komponen biaya tersebut dalam usulan BPIH ialah biaya penerbangan, biaya hidup, sebagian biaya di Mekkah dan Madinah, biaya visa, dan biaya PCR di Arab Saudi.

Menteri Agama menjelaskan, sejumlah pertimbangan usulan BPIH itu untuk menyeimbangkan serta meringankan beban biaya seorang calon haji. 

“Penyeimbang antara besaran beban jemaah dengan keberlangsungan ibadah haji di tahun berikutnya. Keseimbangan tersebut untuk meringankan jemaah dengan biaya yang harus dibayar,” jelas Yaqut.

Besaran usulan biaya haji 2022 ini meningkat dari tahun sebelumnya. Pada 2020 BPIH reguler sebesar Rp31,45 juta hingga Rp38,35 juta, sedangkan pada haji 2021 menjadi Rp44,3 juta.

Komponen BPIH yang dibebankan dari dana pembiayaan tidak langsung mengusulkan Rp8,9 triliun. Komponennya, meliputi nilai manfaat, dana efisiensi haji, dan sumber lain yang sah.

Pertimbangannya ialah penetapan susunan penerbangan haji dengan memperhatikan jarak dari masing-masing embarkasi ke Arab Saudi, prinsip rasionalitas, kewajaran harga.

Kemudian kualitas layanan dalam pembiayaan komponen BPIH dengan Standar Biaya Masukan (SBM) yang Menteri Keuangan tetapkan.

“Dasar pembiayaan di Arab Saudi menggunakan Ta’limatul Hajj yang Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tetapkan. Efisiensi dan efektivitas kewajaran biaya,” tutur Yaqut. 

Nantinya, usulan biaya perjalanan ibadah haji reguler ini akan dibahas dalam rapat Panitia Kerja (Panja) DPR.

Pemerintah Arab Saudi hingga saat ini belum memberikan kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji 2022. Padahal waktu persiapan tinggal 3,5 bulan untuk pemberangkatan pertama.

Jika mengacu pada kalender hijriah dan asumsi normal, persiapan untuk pemberangkatan ibadah haji 2022  terhitung pendek lantaran jemaah haji pertama akan mulai berangkat pada 5 Juni