Prabunews.com – TransJakarta dikabarkan akan meningkatkan atau upgrade CCTV dengan kemampuan pengenalan wajah (face recognition). PT Transportasi Jakarta melakukan upaya ini demi mencegah pelecehan seksual di halte dan bus.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto menyebut CCTV di TransJakarta saat ini memang sudah mumpuni.

“Dari sisi jumlah sudah mumpuni, namun kami sedang upgrade beberapa CCTV kami, terutama yang di halte untuk bisa face recognition,” ungkapnya, Jumat (5/8).

Yoga pun meyakini dengan teknologi face recognition, pihaknya bisa lebih mudah mencegah dan mengetahui pelaku pelecehan seksual di bus TransJakarta. Pasalnya, CCTV biasa yang selama ini terpasang kesulitan mengetahui wajah pelaku pelecehan seksual.

Selain itu, hal tersebut juga harus diiringi dengan database pelaku pelecehan seksual di transportasi umum.

Menurut Yoga, langkah ini harus dilakukan bertahap. Adapun saat ini baru beberapa halte yang sudah dipasang CCTV dengan teknologi face recognition.

Teknologi ini juga nantinya bisa mengidentifikasi seseorang dari tampilan mata. Sebab, seluruh pengguna diwajibkan  mengenakan masker sejak pandemi Covid-19.

“Jadi sekarang itu teknologinya sudah sangat canggih, orang pakai masker, yang penting facial feature-nya itu nanti bisa kelihatan,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.